FOKUS Minta Ketua Pembina USI Lakukan Rapat Pergantian Anggota

Siantar, Lensawarga.com – Forum Komunikasi Alumni Universitas Simalungun (FOKUS) menyurati Ketua Pembina Yayasan Universitas Simalungun, Marsma. Ir. Budy Purba, dengan surat bernomor : 004/FOKUS/A/PS/ VIII/2018 tertanggal 27 Agustus 2018, sesuai dengan keterangan press releasenya.

Logo Universitas Simalungun (USI)

Surat dimaksud adalah desakan diadakannya rapat pergantian terhadap sejumlah anggota pembina Yayasan USI, karena dianggap tidak lagi memenuhi syarat.

Ketua FOKUS Roma Mediaman Purba melalui pers releasenya menjelaskan, pihaknya meminta dilakukannya pergantian terhadap empat orang anggota pembina Yayasan USI, yakni: Dr. Dr.(Med) dr.Polentyno Girsang, SpB.KBD. FinaCS, Drs.H.T.Zulkarnain Damanik, MM, Parlindungan Purba,SH.,MM, Pdt.P.V.Pandapotan Haloho,S.Th,MBA.

Baca Juga : Tak Sesuai Standar, Pembangunan Jalan Menuju Gulping Raya Dinilai Asal Jadi

Lebih lanjut dijelaskan, alasan-alasan yang menjadi pertimbangan FOKUS menyampaikan usulan pergantian anggota pembina dimaksud terdiri dari beberapa poin yaitu :

Loading...

Pertama, Dr. (Med) dr. Polentyno Girsang, SpB.KBD. Fina CS, adalah salah satu dari anggota pembina Yayasan USI, yang saat ini statusnya sebagai terpidana, atas kasus tindak pidana korupsi. Karena itu menurut pertimbangan kami, yang bersangkutan sudah layak diganti. Mengingat lembaga yang dibinanya, dalam hal ini Yayasan Universitas Simalungun adalah lembaga pendidikan. Jadi menurut hemat kami, sangatlah kurang etis lembaga pendidikan dibina oleh seseorang yang berstatus terpidana.

Kedua, Drs. HT. Zulkarnain Damanik, MM, adalah salah satu dari anggota pembina Yayasan USI, yang saat ini statusnya sebagai terpidana atas kasus tindak pidana korupsi. Alasan usulan pergantian yang bersangkutan dari jabatannya sebagai anggota pembina Yayasan USI, menurut pertimbangan kami adalah sama dengan alasan pada poin 1 (satu).

Ketiga, Untuk usulan pergantian Parlindungan Purba,SH.,MM dari jabatannya sebagai anggota pembina Yayasan USI, pertimbangan kami adalah dari sisi keefektifan yang bersangkutan dalam menjalankan tugasnya sebagai angggota pembina. Dimana dari hasil pengamatan kami, yang bersangkutan tidaklah sepenuhnya aktif memberikan perhatiannya kepada Yayasan USI.

Salah satu hal yang membuktikan ini adalah, kerapnya yang bersangkutan mewakilkan kehadirannya dan suaranya dalam sebuah pengambilan keputusan di kalangan pembina Yayasan USI. Selain itu, sesuai informasi yang kami peroleh dari sejumlah sumber, yang bersangkutan adalah juga merupakan pembina salah satu lembaga yayasan pendidikan di Sumatera Utara, di luar Yayasan USI. Hal demikian ini menurut kami sangatlah kurang tepat, yakni berstatus menjadi pembina di dua yayasan pendidikan.

Keempat, Pdt.P.V.Pandapotan Haloho,S.Th,MBA adalah anggota pembina Yayasan USI yang juga menurut kami sudah layak diganti. Adapun alasan yang menjadi pertimbangan kami adalah mengingat yang bersangkutan dalam kedudukannya sebagai anggota pembina di Yayasan USI adalah utusan dari Gereja Kristen Protestan Simalungun, saat yang bersangkutan masih berstatus pendeta aktif di gereja dimaksud.

Baca Juga : FOKUS Sampaikan Evaluasi Atas Kinerja Rektor USI

Saat ini status yang bersangkutan sudah pensiun dari pendeta GKPS. Maka dengan demikian kedudukan yang bersangkutan adalah tidak lagi bersumber dari representatif GKPS di USI, sehingga sudah layak untuk dilakukan pergantian.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :