Fadli Zon Bilang ‘Omong Kosong’, Istana Ungkap Alasan Pindah Ibu Kota

306

Jakarta, Lensawarga.com – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta pengalihan isu dan omong kosong. Istana menjelaskan alasan pemerintah ingin memindahkan ibu kota.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

“Memang ini sesuatu yang perlu di-refresh. Karena keinginan memindahkan ibu kota sudah lama. Dan ini ada referensi yang bisa juga dipakai seperti Brasil. Dan bekas ibu kota yang ditinggalkan dibangun dengan baik,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detikcom, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga : PDIP Pamer Dominasi Pro-Jokowi di DPR, NasDem: KIK Tak Asal Klaim

Moeldoko menyontohkan negara lain yang sudah memindahkan ibu kota, seperti Brasil dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Hal serupa yang akan diadopsi pemerintah.

“Kita ya boleh-boleh saja dong memikirkan itu. Kita ingin berubah. Pertanyaannya kapan dan dananya dari mana, ya kalau sudah mulai dipikirkan ada jalan keluarnya,” ucap Moeldoko.

Loading...

Saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih melihat sejauh mana kandidat ibu kota baru. Ibu kota baru direncanakan dipindah ke luar Pulau Jawa.

“Presiden kemarin ingin melihat kajian dari Bappenas. Bappenas selama ini membuat kajian. Presiden ingin tahu sejauh mana kajian. Nanti keputusan berdasarkan kajian dan pandangan dari luar,” jelas Moeldoko.

Apakah ibu kota dipindah ke Pulau Kalimantan? Moeldoko tidak menjawab spesifik.

“Itu tidak bisa dispekulasikan seperti itu, nanti jadi spekulasi tanah,” ujarnya.

Fadli sebelumnya menilai, rencana memindahkan ibu kota hanya wacana isapan jempol untuk pengalihan isu. Menurutnya, isu pemindahan ibu kota pernah digulirkan namun kemudian reda.

“Itu saya kira wacana isapan jempol saja untuk mengalihkan isu ya. Dulu juga begitu empat tahun, lima tahun yang lalu. Nanti juga reda sendiri,” kata Fadli di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5).

Baca Juga : Begini Kronologi OTT Bupati Talaud yang Diduga Terima Suap Tas Mewah

“Sudahlah, ini omong kosong. Omong kosong yang dilakukan oleh Presiden Jokowi,” ujarnya.

Tonton Juga, Update Real Count KPU Pilpres Kamis 2 Mei 2019 :

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :