Digeber di Bandung, Lampu Motor Jokowi Sudah Menyala

40

Jakarta, Lensawarga.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali naik motor di Bandung, Minggu (11/11/2018). Jokowi lagi-lagi mengendarai motor Kawasaki W175 modifikasi. Itu merupakan motor modifikasi milik Jokowi setelah sebelumnya memiliki motor chopper berkelir emas.

Jokowi Naik Motor di Bandung

Sebelum digeber di Bandung, Jokowi juga sempat Sunmori (Sunday Morning Ride) menggunakan motor tersebut, lalu menuju Pasar Anyar. Saat itu, yang agak mencolok, motor-motor yang mengiringi sang Presiden semuanya menyalakan lampu depan, sementara motor custom Jokowi tak terlihat nyala lampu depannya.

Baca Juga : Fadli Sebut ‘Ada Genderuwo di Istana’, PKB Yakin Bukan Jokowi

Saat ditunggangi, lampu motor Jokowi sebernarnya sudah menyala. Namun, karena Lampu utama motor telah dimodifikasi berwarna putih karena menggunakan lampu LED, terlihat tak menyala.

Dilansir detikOto, Berdasarkan data spesifikasi motor modifikasi Jokowi, lampu depannya pakai Daymaker 5.75 inch. Jika dilihat, lampu depan itu memancarkan cahaya putih kebiruan.

Loading...

Motor modifikasi ini digarap oleh bengkel Katros Garage. Andi Akbar alias Atenx penggawa Katros Garage mengatakan pihaknya sudah memeriksa motor Jokowi dan lampu-lampunya berfungsi dengan baik.

Sementara itu, menyalakan lampu depan di siang hari menjadi kewajiban bagi pengendara motor di Indonesia. Bahkan hal itu diatur oleh Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107.

Menyalakan lampu utama pada siang hari cukup berpengaruh pada keselamatan di jalan. Hal itu juga dinilai mengurangi angka kecelakaan jalan.

“Mata dapat lebih cepat menangkap cahaya yang menyala jika dilihat dari kaca spion, dengan demikian pengemudi bisa cepat aware atau sadar terhadap keberadaan kendaraan lain,” tutur Instruktur Rifat Drive Labs Andry Berlianto saat dihubungi detikOto belum lama ini.

Menurutnya, pengguna jalan lain bisa lebih jelas melihat objek ketika motor menyalakan lampu. Dengan begitu kecelakaan bisa dicegah.

Baca Juga : Jokowi: Buat Takut Negara Lain, Jangan Bangsa Sendiri

“Antisipasi terhadap potensi kecelakaan bisa langsung dilakukan saat mata melihat objek terang di kaca spion, efek nyala lampu dapat membuat tingkat kontras lebih tinggi dari latar belakang,” ungkapnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :