Diduga Pungli dan Persulit Pengurusan Surat Warga, Walikota Medan Diminta Copot Lurah Tanjung Mulia Hilir

Medan, Lensawarga.com – Dimasa era rezim orde baru telah melahirkan pemeo Asal Bapak Senang (ABS), bawahan yang dikenal pintar cari duit selalu dimanfaatkan pimpinan dan dipertahankan untuk menambah pundi-pundi pimpinan dan dikala bawahan itu membuat kesalahan berat. Pimpinan dengan sigap membuat safety melindungi kesalahan bawahannya dan mempertahankannya sebagai pencari uang.

Foto Ilustrasi

Pimpinan tidak mempersoalkan uang yang diterimanya dari bawahannya itu legal atau ilegal, halal atau haram. Sebab, buat seorang Pimpinan bermental perampok, tamak dan serakah sudah menjadi tradisi menghalalkan yang haram dan itulah penyebab Pemeo ABS.

Baca Juga : Beberapa Perusahaan Industri Diduga Buang Limbah B3 ke Wilayah Medan Utara

Loading...

Keberhasilan Walikota Medan Dzulmi Eldin memimpin Kota Medan, menjadi Kota sejuta pesona lewat pembangunan serta pelayanan cepat dan gratis. Ternyata ternoda oleh ulah segelintir oknum dijajarannya. Sebut saja, Lurah Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Hendra Syahputra.

Oknum yang baru 3 bulan menjabat menjadi Lurah ini, konon disebut-sebut sudah membuat kebijakan-kebijakan yang mempersulit urusan surat-surat warga, yang mana seyogianya surat-surat itu dapat selesai dalam sehari ternyata menjadi 2 sampai 3 hari.

Kebijakan Lurah Tanjung Mulia Hilir ini disebut oleh beberapa warga seperti peribahasa “Kenapa Dipermudah Kalau Bisa Dipersulit, Mengapa Harus Gratis Kalau Bisa Menghasilkan Uang”. Melengkapi surat pernyataan bermaterai disetiap urusan surat-menyurat adalah kebijakan membebani biaya untuk membeli materai dan kebijakan itu selain mempersulit urusan warga juga membuat warga menjadi resah.

Lain lagi dengan pengurusan Surat Keterangan Usaha (SKU), oknum Lurah yang menggantikan Lurah Maulana Harahap tiga bulan lalu ini, membuat peraturan sendiri seperti mewajibkan warga membayar Rp 50 ribu persatu Surat untuk pribadi Lurah. Demikian juga mengenai urusan Surat Keterangan Tanah (SKT), kembali oknum Lurah Tanjung Mulia Hilir membebani biaya pengurusan dan mewajibkan warga membayar Rp 5.000 per meter untuk lagi-lagi untuk pribadinya.

Aneh, meskipun tindak tanduk atau kebijakan oknum Lurah Tanjung Mulia Hilir Hendra Syahputra sudah mempersulit urusan masyarakat dan menyebabkan masyarakat resah, namun Camat Medan Deli Feri Suheri disebut salah seorang warga adalah famili dekat dengan Hendra Syahputra dan dengan alasan itulah menjadi kewajiban oknum Camat Medan Deli oknum melindungi kelakuan buruk Lurah yang disebut Lurah Lima Ribu Rupiah per meter itu.

Sebelum pagar berubah menjadi pemakan tanaman atau sebelum duri dalam daging, masyarakat Kelurahan Tanjung Mulia Hilir meminta kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin, mencopot Lurah yang diistimewakan dan dilindungi Camat Medan Deli itu dan mengangkat Lurah baru yang mampu mengayomi masyarakat, arif dan bijaksana dan bukan bermental Raja.

Menurut beberapa warga yang mengalami hal tersebut kepada lensawarga.com, Rabu (27/2/2019). Pemimpin yang sudah menyakiti hati masyarakat, selamanya tidak akan dipercaya oleh masyarakat, oleh karena itu masyarakat meminta kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin untuk segera mengganti Lurah Tanjung Mulia Hilir Hendra Syahputra.

Masyarakat dengan tegas mengatakan, setelah mengganti Lurah Maulana Harahap tiga bulan lalu, Lurah Tanjung Mulia Hilir Hendra Syahputra melalui kebijakannya telah menjadikan Kelurahan Tanjung Mulia Hilir menjadi Kelurahan Percontohan dan studi banding untuk merongrong wibawa Walikota dan Wakil Walikota Medan, Dzulmi Eldin dan H Akhyar Nasution.

Baca Juga : Walikota Medan Diminta Campur Tangan Selesaikan Pembebasan Lahan Tol Medan-Binjai Seksi I

Sesuai tuntutan dan penyebab Masyarakat resah, wartawan media sudah berulang kali menyambangi Camat Medan Deli Feri Suheri di Kantornya, namun tidak berhasil dan menurut salah seorang stafnya mengatakan Pak Camat sedang mengikuti rapat katanya, tanpa menyebut tempat rapat yang dimaksud. (Reguel S Tambunan)

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :