Caleg Gerindra di Bali Ditangkap Polisi, Politisi PSI: Ini Pesan, Pilih Caleg yang Jujur

96

Denpasar, Lensawarga.com – Ketua Kamar Dagang dan Insdustri (Kadin) Bali AA Wira Ngurah Alit Wira Putra yang ditangkap polisi terkait kasus penipuan pengurusan izin pelebaran kawasan Pelabuhan Pelindo Benoa. Alit merupakan caleg Gerindra yang maju ke kursi DPR RI.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali AA Wira Ngurah Alit Wiraputra

“Direktorat Kriminal Umum telah mengamankan tersangka AA Alit Wira Putra (Ketua Kadin Provinsi Bali) di Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Hengky Widjaja kepada wartawan, seperti dikutip dari detikcom, Kamis (11/4/2019).

Baca Juga : I Kadek Agus Mulyawan Berbagi ke Panti Asuhan: Mereka Tunas Bangsa yang Harus Kita Bantu

Hengky menyebut Alit terlibat kasus penipuan perizinan. Statusnya sudah menjadi tersangka.

“Tersangka terlibat kasus penipuan pengurusan perizinan pelebaran kawasan pelabuhan Pelindo, Benoa,” ujar Hengky.

Loading...

Terpisah, Politisi PSI, I Kadek Agus Mulyawan mengaku prihatin atas kejadian tersebut. Meski begitu, menurut Agus mungkin ini juga sekaligus pesan moral agar masyarakat hati-hati dalam memilih caleg,

“Pilihlah caleg dengan rekam jejak yang jujur,” ucap Agus saat ditemui ditengah kesibukannya dalam kegiatan acara donor darah di Klungkung, Rabu (11/4/2019).

Saat ditanya mengenai kriteria caleg jujur, Agus mengungkapkan sampai sekarang memang sulit untuk menggunakan instrumen apa yang bisa mengetahui orang tersebut jujur atau tidak.

Namun, menurutnya untuk bisa menguji caleg yang jujur atau tidak, salah satunya dengan melihat caleg yang memberikan sumbangan lalu minta untuk dipilih.

“Jika ada caleg yang memberikan sumbangan lalu minta untuk dipilih, itu sudah jelas caleg tidak jujur,” sebut Agus yang kini maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Bali.

Agus menambahkan, Caleg harus siap menyampaikan laporan harta kekayaannya, jika nanti dinyatakan terpilih dan jika sudah ada bukti penyampaian LHKPN, maka KPU baru boleh melantik caleg tersebut.

Selain itu, Agus juga mengajak semua caleg buka-bukaan kalau mereka  ingin menjadi calon pejabat publik yang akan dipilih langsung.

Baca Juga : Hindarkan Pemuda Dari Aktivitas Negatif, Agus Mulyawan: Buatkan Grup Band di Setiap Banjar

“Deklarasikan diri, bukalah diri tentang siapa dan bagaimana rekam jejaknya. Nah jadi masyarakat harus tahu siapa yang dicalonkan, seperti apa kandidatnya. Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas publik adalah sebagai upaya pengurangan kasus Korupsi di Indonesia,” ujarnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :