Berhasil, Panen Perdana Bawang Putih di Humbahas Hasilkan 12-13 Ton Per Hektar

Humbahas, Lensawarga.com – Panen perdana bawang putih di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dirasa berhasil oleh Irjen Kementrian Pertanian (Kementan) dan Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Panen Perdana Bawang Putih

Dalam panen perdana yang dilakukan pada Senin (8/4/2019) di Kecamatan Lintong Nihuta, dihadiri oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Irjen Kementan Justan Siahaan, Inspektur 1 Kementan Susanto, Kasi Bawang dan Sayuran Agung Sanusi, dan beberapa perwakilan dari Pemerintah Provsu.

Baca Juga : Penanaman Padi Gogo, Bantu Produktivitas Petani Padi…

Loading...

Penanaman bawang putih tahap pertama menurut Distan Kabupaten Humbahas melalui Kepala Bidang Holtikultura Yonepta Habeahan, telah dilakukan dengan luasan lahan sebanyak 50 hektar di beberapa titik lahan di Kabupaten Humbahas beberapa waktu lalu, dan saat ini telah dipanen seluas 3 hektar dengan hasil 12 – 13 ton per hektarnya.

“Sudah dilakukan penanaman bawang putih sebanyak 50 hektar beberapa waktu lalu, saat panen perdana tadi khusus di kecamatan Lintong Nihuta dilakukan seluas 1 hektar, untuk keseluruhan Kabupaten kita sudah panen seluas 3 hektar dengan hasil 12 – 13 ton per hektar,” ujar Yonepta.

Baca Juga : Harga Cabai Anjlok, Pemkab Humbahas Siap Tampung dengan Harga Rp 13.000 Langsung dari Petani

Senada, Kepala Bagian Protokol Pemkab Humbahas Lampos Purba mengatakan pencapaian ini telah dinilai berhasil oleh Irjen Kementan dengan kualitas baik. Oleh karena hal tersebut, Irjen Kementan dan Distan Provsu memberikan sertifikat sertifikasi pembibitan bawang putih kepada petani.

“Dari hasil panen yang sudah 3 hektar, sudah dinilai berhasil oleh Kementan dari segi kualitas, makanya diberikan sertifikat kepada petani bawang putih oleh Irjen Kementan dan Distan Provsu,” ujar Lampos.

Lebih lanjut Lampos mengatakan bahwa hal tersebut sekaligus mematahkan keraguan dari masyarakat yang sempat meragukan kualitas bawang putih di kawasan seputaran danau toba dan kedepan berharap Humbahas menjadi salah satu lumbung bawang putih skala nasional.

“Pak Bupati tadi mengatakan bahwa keraguan masyarakat akhirnya terjawab, bahwa di kawasan Danau Toba, bawang putih ini sangat bagus, kita berharap kedepan Humbahas bisa menjadi salah satu lumbung bawang putih nasional,”

“Seperti janji Pak Presiden Jokowi, jika bawang putih ini berhasil beliau akan mengalokasikan pengadaan bibit bawang putih untuk 500 hektar lahan skala nasional,” ujar Lampos.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :