Belum Setahun Proyek Jembatan Dana Desa di Simalungun Nyaris Runtuh, Warga Minta Inspektorat Turun Tangan

Simalungun, Lensawarga.com – Warga Dusun III Holbang, Nagori Bahal Batu, Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun merasa kecewa dengan proyek desa anggaran tahun 2018 yang terkesan asal jadi.

Kondisi Jembatan Dusun III Holbang Nagori Bahal Batu, Simalungun

Pasalnya, jembatan penyebrangan dan tembok penahan yang menggunakan anggaran dana desa tersebut belum genap setahun, Namun kondisi jembatan kini sudah mengalami kerusakan bahkan nyaris runtuh.

Baca Juga : Setahun Terputus, Jembatan Penghubung Dusun VI Kampung Tempel Selesai Diperbaiki

Pangulu Bahal Batu Azis Manurung saat dikonfirmasi berdalih, bahwa runtuhnya proyek desa itu, karena bangunan PSDA yang berjarak 30 meter di bawahnya mengalami erupsi atau longsor.

“Inilah yang faktor utama penyebab rusaknya bangunan desa, pihak desa sudah melakukan koordinasi dengan Pendamping Desa, camat juga ke provinsi terkait masalah ini,” kata Azis kepada Lensawarga.com, Kamis (18/7/2019).

Loading...

Sementara itu, Maujana (Badan Permusyawaratan Desa/BPD) Nagori Bahal Batu, Syafrudin Purba mengatakan, pihaknya juga banyak menerima laporan dari masyarakat.

“Tentang hal ini, tentu kami akan melakukan investigasi,” tuturnya.

Pemerintah desa sebelum di melaksanakan proyek desa tentu melakukan monitoring, layak dan tidaknya proyek itu di laksanakan serta asas manfaat untuk masyarakat.

Kondisi Jembatan Dusun III Holbang Nagori Bahal Batu, Simalungun

Terkait hal ini, warga sekitar yang tinggal di Nagori Bahal Batu meminta agar pihak Inspektorat sebagai induk pengawasan dana desa segera terjun ke lokasi untuk melakukan investigasi.

Baca Juga : Zonny Waldi Menyongsong Pilkada Simalungun 2020

“Tujuannya agar masyarakat di areal lokasi dapat menyampaikan langsung kegiatan dana desa dan juga Inspektorat bisa menerima semua laporan persoalan di lapangan,” ujar warga sekitar.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :