Beberapa Perusahaan Industri Diduga Buang Limbah B3 ke Wilayah Medan Utara - Lensa Warga
News

Beberapa Perusahaan Industri Diduga Buang Limbah B3 ke Wilayah Medan Utara

Medan, Lensawarga.com – Akhir-akhir ini aktivitas beberapa Perusahaan industri sedang marak-maraknya membuang Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) secara sembarang ke wilayah Medan Utara dan diperkirakan 10 atau 20 Tahun kemudian Limbah itu akan mengancam kesehatan Masyarakat.

Beberapa Perusahaan Industri Diduga Buang Limbah B3 ke Wilayah Medan Utara

Menurut hasil investigasi selama ini, ada beberapa Perusahaan Industri yang secara sengaja membuang limbah sembarangan didaerah Medan Utara. Kejadian ini disebabkan masing-masing perusahaan tidak memiliki lokasi khusus pembuangan limbah sebagaimana ditetapkan didalam PP 101 Tahun 2014 tentang Limbah B3.

Baca Juga : Upaya Banding Kakan BPN Sumut Penyebab Pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Mangkrak

Berdasarkan pantauan Lensawarga.com di lapangan, Rabu (27/2/2019) menemukan tiga unit dump truk diparkir di pelataran Polres Pelabuhan Belawan dan diduga bermuatan Limbah B3 dan menurut salah seorang oknum anggota Polres Pelabuhan Belawan, ketiga dump truk itu sudah lama ditahan disebabkan sesuatu hal katanya tanpa menjelaskan tentang alasan penahanan.

Pada hari yang sama sekitar pukul 16.00 WIB, tepatnya di salah satu ruangan, ada enam oknum Reserse Polres Pelabuhan Belawan sedang serius berbincang-bincang tentang perihal Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) tersebut, mendengarkan perbincangan keenam oknum itu, Awak media ini bak mendapatkan Durian Runtuh, alasannya, awak media sudah lama melakukan investigasi mengenai Limbah B3 tersebut di wilayah Medan Utara.

Didalam perbincangan keenam anggota tersebut, salah seorang mengatakan, beberapa perusahaan industri membuang limbah B3 didaerah Medan Utara dan menurutnya diperkirakan 10 atau 20 tahun nanti masyarakat akan terserang penyakit disebabkan limbah itu, sembari oknum tersebut menghimbau salah seorang temannya agar pindah dari Medan Utara dan mencari tempat tinggal yang jauh dari dampak limbah.

Baca Juga : Sampah Penyebar Virus di Jalan Riau dan Jalan Rupat Medan Bikin Warga Resah

Mengamati perbincangan keenam oknum anggota Polres Pelabuhan Belawan itu, membuktikan bahwa kasus limbah B3 ini sudah menjadi perhatian serius baik dikalangan aparat penegak hukum maupun dikalangan masyarakat. Sebab, sebagaimana diketahui limbah itu sangat berbahaya baik terhadap ekosistem maupun terhadap kesehatan mahkluk hidup. (Reguel S Tambunan)

Bagikan :

Tentang Penulis

Redaksi

www.lensawarga.com

Tinggalkan Komentar