Banjir, Camat Doloksanggul Gerak Cepat Lakukan ‘Oppung Sam’

160

Humbahas, Lensawarga.com – Masyarakat Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) khususnya di Kelurahan Pasar Doloksanggul kini dapat bernafas lega, pasca banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di beberapa jalan di Kelurahan tersebut akibat hujan deras yang terjadi.

Camat Doloksanggul Ikut Membersihkan Selokan

Pasalnya, Camat Doloksanggul Pardomuan Manullang langsung tanggap akan permasalahan tersebut. Pardomuan langsung menginstruksikan kepada unsur pemerintah kelurahan untuk melakukan Oppung Sam (Operasi Pungut Sampah) dilingkungan yang rawan banjir dan turun tangan membantu masyarakat dalam operasi tersebut, Sabtu (18/5/2019).

Pardomuan Manullang kepada Lensawarga.com mengatakan bahwa saat ini yang perlu dilakukan dalam menghindari kejadian banjir beberapa waktu lalu adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kebersihan lingkungan rumahnya masing-masing.

Masyarakat Ikut Bergotong Royong

“Banjir tidak jauh-jauh dari sampah, kesadaran akan sanitasi yang bersih, selokan yang terhindar dari sampah yang menyumbat serta masyarakat yang sadar lingkungan pasti akan terhindar dari banjir,” ujarnya.

Dirinya juga menerangkan akan segera melaporkan dan mengajukan kepada Bupati sebagai atasannya apa yang dibutuhkan masyarakat untuk menghindari banjir yang juga mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Loading...

“Saya akan lapor dan mengajukan ke Pak Bupati sebagai atasan apa kebutuhan masyarakat untuk menghindari banjir ini, karena bukan hanya banjir, masalah sanitasi ini juga menyangkut kesehatan masyarakat, semisal Septic Tank, selokan yang tak layak agar diperbaiki dan sebagainya,” terang Pardomuan.

Camat Doloksanggul Sosialisasi Kesadaran Lingkungan

Namun saat ini dirinya sangat menyayangkan kesadaran masyarakat untuk bergotong royong dalam kebersihan lingkungan, Pardomuan berharap masyarakat harus lebih sadar lingkungan serta lebih giat dalam gotong royong untuk kepentingan bersama.

Baca Juga: LKPD Pemkab Humbahas Kembali Raih WTP

“Saat ini kendalanya adalah kesadaran masyarakat yang sangat minim, saya berharap masyarakat harus lebih giat lagi untuk bergotong royong, selain sedap dipandang, juga untuk kepentingan bersama,” kata Pardomuan.

Sementara, masyarakat sekitar Kelurahan Pasar Doloksanggul, khususnya yang berada di seputaran pusat pasar Doloksanggul sangat berharap agar para pedagang dan pembeli yang setiap hari Jumat atau hari Pekan raya Kecamatan Doloksanggul untuk sadar akan kebersihan lingkungan.

Pasalnya, menurut warga bahwa setiap hari Jumat atau selesai hari Pekan Raya Kecamatan Doloksanggul, banyak sampah yang berserakan disepanjang jalan yang sangat merugikan warga sekitar. Mereka mengajak para pedagang dan pembeli lebih mempedulikan lingkungan, selain itu kemacetan juga menjadi momok yang dihadapi masyarakat sekitar pusat pasar Doloksanggul terutama pada jalan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul.

“Kami harap setiap hari pekan raya (Jumat), para pedagang dan pembeli sadar lingkungan, karena selama ini minim sekali kesadarannya, selain itu kemacetan juga selalu terjadi terutama untuk jalan menuju RSUD Doloksanggul, para pedagang dan pembeli memadati ruas jalan hingga merugikan kami masyarakat disini,” ujar beberapa masyarakat yang tak ingin disebutkan namanya.

Baca Juga: Berhasil, Panen Perdana Bawang Putih di Humbahas Hasilkan 12-13 Ton Per Hektar

“Selain itu kami meminta kepada pihak pemerintah terutama Pak Camat disini agar selalu mensosialisasikan sadar lingkungan kepada pedagang dan pembeli guna meminimalisir penumpukan sampah, serta membebaskan jalan protokol menuju RSUD Doloksanggul, karena disini adalah salah satu jalan menuju RSUD Doloksanggul, kasihan yang sakit, terhalang jalannya menuju RSUD,” ujar mereka.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :