Arus Mudik Lebaran 2019 Lancar, Fadli Zon: Memang Itu Tugas Pemerintah

Jakarta, Lensawarga.com – Mudik Lebaran tahun 2019 ini berjalan lancar tanpa hambatan. Hal tersebut ditegaskan oleh Pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Fadli Zon

“Tahun 2019 merupakan suatu pembuktian bahwa pembangunan infrastruktur sangat berguna bagi masyarakat dari kota ke kota. Terbukti perjalanan mudik tahun ini dari Jakarta ke Semarang enam jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Hal yang sangat menggembirakan terutama bagi pemudik. Masyarakat puas karena mudik tahun ini lancar,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Idul Fitri 1440 H: Mohon Maaf, Lahir dan Batin

Namun, bagi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mudik tanpa hambatan sudah semestinya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah.

“Memang itulah tugasnya pemerintah memberikan kemudahan dan fasilitas karena rakyat membayar pajak. Pajaknya itu dikembalikan kepada rakyat dalam bentuk fasilitas publik,” ujar Fadli usai silaturahmi di Rumah Dinas Ketua DPR, Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

Loading...

Fadli mengatakan, sudah seharusnya mudik tak boleh ada hambatan. Fadli juga masih mendengar adanya keluhan dari masyarakat terkait pelaksanaan mudik tahun ini.

“Ya memang seharusnya kan mudik itu tidak boleh ada hambatan. Yang saya banyak dapat keluhan itu harga tiket pesawat mahal, jalan tol masih mahal, gitu. Jangan-jangan karena itu menjadi semuanya lancar karena orang tidak sanggup memakai jalur-jalur yang konviniens, yang enak,” kata Fadli.

Menurut Fadli salah satu yang harus diperbaiki pemerintah adalah soal mahalnya tiket tol dan tiket pesawat.

“Saya kira ke depan harus dipikirkan bagaimana mudik itu biayanya tetap normal, harga-harga pesawat tetap terjangkau, kemudian harga di jalan tol juga jangan naik,” ungkapnya.

Sebelumnya Menhub Budi Karya mengatakan, mudik tahun ini berhasil karena adanya pembangunan Tol Trans Jawa dan Sumatera. Selain itu kesuksesan mudik tahun ini karena penerapan sistem one way dari gerbang tol masuk Cipali, Jawa Barat ke Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga : Ini Alasan Jokowi Batal Salat Id di Masjid Kampung

“Bahwa tahun 2019 adalah suatu pembuktian bahwa pembangunan infrastruktur (Tol Trans Jawa) itu sangat berguna bagi konektivitas, dari kota ke kota, terutama di Jawa. Ini secara kualitatif dapat ditemui di beberapa media. Katakan dari Jakarta ke Semarang 6 jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta-Surabaya kurang dari 10 jam, satu angka kualitatif yang menggembirakan dan dari kepuasan para pemudik ini,” ujar Budi Karya di gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Tonton Juga, Video Presiden Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal :

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :