Arist Merdeka Sirait Desak Kapolres Simalungun Tangkap Humas PT TPL Terkait Kasus Kekerasan Terhadap Anak

545

Simalungun, Lensawarga.com – Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait mendesak Kapolres Simalungun menangkap dan menahan Humas PT. Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli yang diduga melakukan kekerasan dan penganiayaan terhadap anak berinisial MA berusia 3 tahun.

Mansyur Panggabean Bersama Korban MA

MA menjadi korban yang disebabkan oleh dampak konflik lahan adat antara PT. TPL dengan masyarakat Sihaporas, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Arist Merdeka Sirait dalam penuturannya mengatakan, bahwa dia sudah cukup bukti bahwa MA mengalami tindak kekerasan dan penganiayaan,” katanya kepada wartawan, Rabu (18/9/2019).

Baca Juga : Arist Merdeka Sirait Gelar Sosialisasi Hak dan Perlindungan Anak di Kecamatan Hatonduhan

“Berdasarkan ketentuan pasal 81 Undang-undang Namor, 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak perubahan dari Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 pelaku kekerasan terhadap anak terancam hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara,” ungkap Arist.

Loading...

Berdasarkan undang-undang itu, lanjut Arist, tidak ada alasan Kapolres Simalungun untuk tidak merespon laporan orang tua MA agar segara menindak lanjuti laporan tersebut.

Lebih lanjut Arist Merdeka Sirait berharap agar Kapolres Simalungun bersama jajaran Kasatreskrim harus tegas menindaklanjuti permasalahan ini.

“Saya sangat menyesalkan atas tindakan karyawan PT TPL yang tidak mengedapankan pendekatan persuasif untuk menyesaikan sengketa lahan, sehingga menimbulkan konflik,” kata Arist.

Terpisah, Koordinator Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Simalungun Mansyur Panggabean mengatakan, Komnas anak akan menurunkan tim Investigasi untuk memastikan tindakan pidana yang di lakukan Humas PT TPL terhadap anak berinisial MA tersebut.

“Dalam hal ini Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Simalungun dan Siantar turun ke TKP untuk mendalami kasus ini,” ujar Mansyur.

Baca Juga : Komunitas Relawan North Sumatera (KRNS) Kabupaten Simalungun Bagikan Sembako untuk Warga Miskin

Mansyur menambahkan, investigasi LPA Kabupaten Simalungun akan di dampingi Polres Simalungun serta memberikan bantuan pisikologis terhadap korban.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :