Ajak Jaga Kamtibmas, AKBP Ikhwan Lubis Safari Subuh dan Santuni Anak Yatim

34

Medan, Lensawarga.com – Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis melaksanakan kegiatan Safari Subuh dan sholat subuh berjamaah bersama Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para masyarakat dan para anak yatim Bertempat di Masjid Subulus Salam Jalan Mangaan VI Pasar II Lingkungan XII Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli, Minggu (09/12/2018) sekira Pukul 05.15 WIB.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis Safari Subuh 

Selain menjadi agenda pokok kerja kepolisian, kegiatan tersebut juga merupakan sebagai sarana perekat tali silahturahmi antara polisi dengan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, AKBP Ikhwan Lubis juga memberikan kuliah lima menit (Kulma) dan menyantuni fakir miskin dan para anak yatim serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas.

Baca Juga : Kapolres Pelabuhan Belawan Gelar Turnamen Sepak Bola Kapolres Cup 2018

Selain Kapolres Pelabuhan Belawan, kegiatan safari subuh itu juga di hadiri oleh beberapa penjabat utama Polres Pelabuhan Belawan di antaranya Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto, Wakapolsek Polsek Medan Labuhan AKP Ponijo, Kasat Binmas AKP H. Justar Purba, Kabag Ren AKP Ilham Aceh, Kasubbag Humas Iptu Khairul Amri, Bhabinkamtibmas Kelurahan Mabar.

Loading...

Perwakilan dari Muspika di wakili oleh Camat Medan Deli Ferri Suheri, Lurah Mabar Farandhy E. Siregar, dan Kepala Lingkungan I dan Kepala Lingkungan XV. Perwakilan dari tokoh agama dan tokoh masyarakat di wakili oleh Al Ustad Bahtiar Wahid dan bertindak sebagai imam dalam sholat subuh berjamaah tersebut yakni Al Ustadz Agus Abdul Hafizh.

Justar Purba selaku protokol membuka acara dengan menyebutkan maksud dari kedatangan Kapolres Pelabuhan Belawan yaitu ‘tuku Silahturahmi’ atau membeli silahturahmi.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis dalam kata sambutannya menyebutkan, bahwa masalah menjaga Kamtibmas adalah menjadi tugas bersama serta menggalang sinergitas antara pihak Kepolisian dengan masyarakat.

Ia juga menerangkan tentang Sistem keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yaitu dengan keterbatasan jumlah personil yang di miliki Polres Pelabuhan Belawan yakni hanya berjumlah 605 orang personil dengan wilayah pengawasan mencapai 6 Kecamatan.

Menurutnya, mustahil rasanya dengan jumlah anggota Kepolisian yang tidak berimbang dengan luas wilayah tersebut dapat mengatasi masalah Kamtibmas dengan maksimal.

“Saya harap masyarakat hendaknya dapat saling bersinergi dengan kepolisian dalam menjaga Kamtibmas secara bersama-sama dalam kerangka sinergitas polisi dan masyarakat,” terang Ikhwan.

Menurut Ikhwan, bahwa masalah yang cukup mengkhawatirkan adalah masalah narkoba yang saat ini sungguh meresahkan masyarakat.

“Tidak ada narkoba lem pun jadi, tidak ada lem bensin pun jadi. Berikutnya masalah beredarnya berita-berita hoaks di media sosial yang sudah berimbas kepada perpecahan sesama muslim,” ungkapnya.

“Jangan karena politik kita saling bermusuhan, siapa pun pemimpin kita semua tetap bersaudara,” sambungnya.

Kapolres Pelabuhan Belawan juga menyampaikan di hadapan para masyarakat jamaah sholat subuh Masjid Subulus Salam dengan masalah keamanan yang terjadi di jalanan seperti bajing loncat untuk saat ini sudah mulai berkurang.

“Pihak Polres akan terus menekan segala kejahatan yang terjadi di jalan, petugas kepolisian akan bertindak tegas dengan mengambil langkah-langkah tindakan terukur,” terang Ikhwan.

Ikwhan juga mengimbau para anak muda jangan sampai salah kaprah dalam bergaul, seperti halnya masalah mengucap janji kesetiaan karena berpacaran dengan menggunakan menginjak kitab suci Al Quran dan buku yasin, yang pada akhirnya pasangan remaja yang sedang di mabuk cinta tersebut mendapat kecaman dari berbagai kalangan Ormas Islam dan kelanjutannya berimbas ke ranah hukum.

“Orang tua di rumah tangga, hendaknya menjadi polisi rumah tangga dengan melakukan pengawasan yang cukup ekstra terutama saat anak berkegiatan di luar rumah,” tuturnya.

Kapolres juga sedikit mengisahkan perjalanan hidup anak-anaknya. Dimana anak sulungnya sudah bertugas di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Utara, berikutnya anak yang kedua sudah bertugas di instansi Kepolisian, Tamatan Akpol dari Semarang dan anak yang ketiga sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi IPDN Jati Nangor Sumedang, Jawa Barat dan saat ini tengah menjalani studi Tingkat 3.

Senada dengan Kapolres Pelabuhan Belawan, berikutnya Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto menuturkan, bahwa jumlah kekuatan personil Polsek Medan Labuhan hanya berjumlah 120 personil yang dicover 4 Kecamatan dengan jumlah ribuan masyarakat.

Rosyid dalam penjelasannya menggunakan contoh sabda rasulullah yang menyebutkan, “Jagalah diri kita dan keluargamu dari ajab api neraka”.

“Trik para bandar narkoba sudah cukup canggih, seperti halnya yang yang terjadi di daerah Marelan yang mengelabui petugas Kepolisian dan masyarakat dengan membuka bengkel sepeda motor sambil nyambi jual narkoba jenis sabu-sabu dengan keuntungan per paketnya mencapai Rp 50 ribu,” ungkap Rosyid.

Kapolsek Medan Labuhan itu juga menambahkan, perlunya pembuatan pos ronda sekaligus mengaktifkan pos ronda tersebut di setiap lingkungan masing-masing daerah, gunanya untuk meminimalisir gangguan Kamtibmas, peredaran narkoba,pemantauan terhadap warga pendatang yang tidak memiliki kejelasan.

Terakhir tanggapan dari Camat Medan Deli, Ferri Suheri menerangkan, bahwa saat ini kebutuhan blanko e-KTP penduduk Kecamatan Medan Deli dengan 6 (enam) Kelurahan mencapai 15.300 keping blanko e-KTP.

“Untuk itu masyarakat agar bersabar bila ingin untuk memiliki KTP Elektronik tersebut, berhubung masih belum tersedianya blanko e-KTP di Dinas Catatan Sipil Kota Medan. Bila sudah ada blanko tersebut maka masyarakat dipersilahkan untuk mengurusnya secara gratis,” ucap Ferri.

Terkait Masalah lingkungan Ferri berharap agar masyarakat dapat memiliki kebiasaan menjaga kebersihan, baik di lingkungan masyarakat dan sekolahan.

Baca Juga : Kapolres Pelabuhan Belawan Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Djafar Warahmah

“Hendaknya masyarakat gemar bergotong royong membersihkan lingkungan masing-masing,” tandasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :