Ada Hal yang Tersirat Saat Mubes Pangulu Se-Kabupaten Simalungun di Hotel Niagara Parapat

1515

Simalungun, Lensawarga.com – Hampir Seluruh Pangulu Se-Kabupaten Simalungun berkumpul di Hotel Niagara Prapat selama dua hari dari tanggal 21-22 Agustus 2020 untuk melaksanakan Musyarawah Besar (Mubes).

Pangulu Se Kabupaten Simalungun Saat Melaksanakan Musyawarah Besar di Hotel Niagara Parapat

Sebanyak 386 Pangulu (Kepala desa) Se-Kabupaten Simalungun sepakat membentuk sebuah organisasi yang diikuti para Pangulu untuk bersinergi menjalin Silatuhrahim, menguatkan rasa kebersamaan, membangun dan mengembangkan potensi di daerah pemerintahannya masing-masing.

Baca Juga: Penyaluran Dana Kompensasi Aliran Sutet Milik PLN Disoal Sejumlah Warga Saribuasih

Pembentukan Organisasi Keluarga Besar Pangulu Se-Simalungun (KBPS) di ruang lingkup Pemerintahan Simalungun terkesan menimbulkan pertanyaan besar dari sejumlah kalangan.

Pasalnya Pembentukan KBPS dilaksanakan disaat akan diselenggarakanya perhelatan Pilkada Simalungun. Hal tersebut diungkapkan oleh seseorang yang enggan disebutkan namanya, Sabtu (22/08/2020).

Loading...

Dari hasil Musyawarah Besar Pangulu Se-Simalungun terbentuklah tiga Komisi yang yang nantinya diharapkan mampu berkiprah memajukan oragnisasi tersebut.

Komisi 1 menangani bidang organisasi, Komisi II membidangi masalah Hukum dan Komisi III membidangi masalah Pembangunan dan Pemberdayaan desa.

Dari pantauan lensawarga.com selama dua hari di kota Wisata Parapat, tepatnya di Aula Hotel Niagara, panitia pelaksana Mubes menyampaikan beberapa peraturan dalam memilih Ketua Umum.

Dari hasil voting yang diikuti 386 Pangulu Se-Simalungun panitia pelaksana menetapkan 4 kandidat yang dinilai layak menjadi Ketua ulUmum KBPS. Berdasarkan hasil voting tersebut peraih suara terbanyak berhak menjadi Ketua KBPS.

Raslan Purba, Pangulu dari Kecamatan Sidamanik memperoleh 161 suara dan dia terpilih menjadi Ketua Umum KBPS secara aklamasi peraih suara terbanyak dari kandidat lainnya.

Dia pun bertekad akan mengajak seluruh Pangulu Se-Simalungun memberikan kontribusi yang positif untuk membangun kekuatan, kebersamaan dan bergandengan tangan, bahu membahu menata desa Se-Simalungun menjadi lebih baik.

“Dengan saling memberikan informasi, komunikasi dan koordinasi antara Pangulu Se-Kabupaten Simalungun melalui wadah KBPS, kita dapat membangun desa lebih baik lagi kedepannya,” kata Raslan Purba.

Usai pemilihan Ketua Umum KBPS, Sekda Simalungun Mixnon Simamora hadir diacara pelantikan Ketua Terpilih, dia hadir mewakili Bupati Simalungun bersama para Kadis dari jajaran Pemkab Simalungun.

Sekda Simalungun Mixnon Simamora Hadir Menghadiri Pelantikan Ketua Terpilih

“Perlunya Sinergitas seluruh Pangulu untuk membangkitkan semangat baru untuk Simalungun. Antara Pangulu dan Bupati itu hampir sama kedudukan, hanya saja beda tata kolola dan cakupan lokasi dan luas wilayah pemerintahan,” kata Mixnon dalam sambutannya.

Sekda menambahkan, dengan terbentuknya KBPS, diharapan kedepan akan lahir pemimpin yang berkualitas membawa semangat baru untuk Simalungun, serta menjadi pemimpin yang lebih efektif memajukan desa dan daerahnya.

“Tentunya kedepan KBPS punya tugas besar guna mewujudkan desa yang mandiri, maju dan lebih sejahtera, kondusif aman, berdaya saing, mengembangkan potensi SDM dan SDA juga saling menguatkan satu sama lain, menjadi pelayan masyarakat yang adil dan bijaksana,” ujar Sekda Simalungun.

Dari beberapa kalimat yang diucapkan Sekda soal ‘Semangat Baru’, seolah menggambarkan pesan yang tak tersurat. Kalimat semangat baru terucap tiga kali olehnya, hal itulah mengingatkan ungkapan salah satu bakal calon Bupati Simalungun yang akan bertarung di Pilkada Desember mendatang.

Baca Juga: Tim 8 DPRD Simalungun Minta Inspektorat Periksa Bangunan PUPR TA 2019

Meski dalam acara Mubes Pangulu Se-Simalungun tak ada pembahasan soal politik, namun kesan berbau politik sangat terasa, pasalnya acara yang dihelat para Pangulu di Hotel Niagara Parapat tersebut sangat dekat dengan gelaran Pilkada yang saat ini sudah di depan mata.

Dukung Media Ini
loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :