4 Unit Jet Tempur F-16 Milik TNI AU Jelajahi Langit Lanud Soewondo Medan

Medan, Lensawarga.com – Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey sambut kedatangan 4 pilot Jet Tempur F-16 yang tengah mengadakan latihan Bido jelajah, Kamis (27/09/2018) sekitar Pukul 11.00 WIB.

Jet Tempur F 16 Milik TNI AU

Danlanud mengatakan, bahwa latihan Bido jelajah bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan serta kemampuan penerbang dalam melaksanakan navigasi.

Baca Juga : FOKUS Minta Pembina USI Lakukan Pergantian Ketua Yayasan

Loading...

Para penerbang Pesawat F-16 dari Skadron Udara 16 setelah berangkat dan dilepas dari pangkalan udara Roesmin Nurjadin oleh Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST dan Komandan Wing VI Kolonel Pnb Yani Amirullah menuju beberapa pangkalan udara di sekitar Lanud Roesman Nurjadin, yang dijadikan ‘Altenate Base’ pada saat penerbang melakukan latihan.

Wartawan Lensawarga.com yang berkesempatan melihat langsung Jet Tempur F-16 milik TNI AU tersebut, mencoba menggali lebih dalam untuk mendapatkan informasi dari Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey mengenai tujuan digelarnya latihan Bido Jelajah.

“Latihan Bido Jelajah ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan serta kemampuan penerbang dalam melaksanakan penerbangan navigasi,” jelas Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey.

Lanjutnya lagi, “Para penerbang ini berangkat dari Skadron 16 untuk melaksanakan latihan di beberapa pangkalan udara yang dijadikan Altenate base pada saat para penerbang melaksanakan latihan, diantaranya adalah Lanud Soewondo Medan ini,” ujarnya.

Saat ditanyakan mengenai kehadiran para pelajar, yang tampak sangat antusias menyaksikan burung besi milik TNI AU meliuk-liuk begitu perkasa. Danlanud mengatakan bahwa hal ini sengaja dilakukan untuk menimbulkan semangat dan cinta dirgantara para pelajar.

“Saya berharap semoga suatu saat kelak, para pelajar ini juga bisa menjadi Air Man,” pungkas Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey.

Latihan yang digelar dari tanggal 26 September – 28 September 2018 ini melibatkan empat pesawat dan 37 personel yang terdiri dari enam orang penerbang dan 21 orang teknisi.

Kegiatan Bido jelajah ini juga untuk meningkatkan profesionalisme penerbang dalam melaksanakan Instrumen Approach maupun Visual Approach di landasan. Sebelum landing para penerbang ini juga sempat Touch and go serta melakukan beberapa kali manuver di udara.

Baca Juga : Aksi Heroik Serka Endra Gagalkan Perampokan Dengan Keahlian Double Stick

Setelah beberapa jam berada di Lanud Soewondo akhirnya keempat pesawat tempur F-16 ini langsung terbang kembali ke Homebasenya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :