4 Tips UP RAM Laptop Yang Harus Anda Ketahui - Lensa Warga
Laptop

4 Tips UP RAM Laptop Yang Harus Anda Ketahui

Tips UP RAM Laptop –¬†Untuk memenuhi kinerja agar bisa maksimal pastinya tidak melupakan besarnya RAM dalam sebuah perangkat pintar. Memang sudah biasanya jika RAM besar dapat menjalankan aplikasi berat. Karena itulah kebutuhan RAM dalam perangkat canggih seperti Laptop harus dipenuhi. Bayangkan saja apa yang akan anda lakukan jika spesifikasi laptop anda rendah, pastinya ingin upgrade perangkat kerasnya kan.

Tips Upgrade RAM Laptop

Tahun ini laptop sudah menjadi barang pokok yang perlu dimiliki orang, apalagi bagi para pelajar / mahasiswa kuliah. Pastinya kebutuhan penggunaan laptop sangat perlu, entah dibuat hiburan, editing, bisnis atau yang lainnya. Namun, terkadang ada juga yang merasa tidak puas dengan laptop miliknya, pastinya dalam segi RAM yang paling dipentingkan sehingga memaksa kita untuk upgrade RAM. Meningkatkan kapasitas RAM memang sudah biasa dilakukan di Komputer. Tapi untuk pengguna laptop yang mau up RAM beda juga tipsnya.

Pasalnya sebelum upgrade RAM laptop ketingkat yang lebih tinggi kita memerlukan sedikit wawasan agar lebih mengerti resikonya. Tentunya ada cara aman yang dapat dilakukan untuk meningkatkan RAM laptop. Yang perlu diperhatikan ialah hal penting sebelum up RAM. Apa sajakah hal penting tersebut ? mari kita simak pembahasannya bersama-sama.

1. Hindari UP RAM Jika Masih Ada Garansi

Jika anda ingin menambah kapasitas RAM dengan tujuan yang tidak pasti maka lebih baik jangan UP dulu sampai garansi laptop habis. Garansi ini sangat berguna bila laptop anda mengalami masalah dalam bidang software. Pastinya sayangkan kalau garansi hilang akibat ganti RAM. Nah, jika sudah habis garansi maka anda boleh UP RAM laptop anda.

Biasanya jika anda membeli laptop baru lebih-lebih garansi yang resmi haruslah dipertahankan sebelum berencana membuka garansi tersebut. Biasanya awal-awal saat membeli laptop tak jarang terjadi program yang error sehingga kadang memerlukan garansi agar tetap aman. Bukan hanya itu saja, namun jika anda memiliki rencana untuk menjual kembali laptop anda pastinya akan ditanyakan garansinya. Jika memang begitu harga laptop anda saat dijual kembali bisa merosot jauh. Nah, Tips UP RAM Laptop yang satu ini memang menjadi pilihan yang bagus dalam kebutuhan menjual kembali laptop.

2. RAM Harus Sesuai Slot di Laptop

Tips Up RAM laptop yang selanjutnya tak kalah penting ialah pemilihan RAM yang harus cocok dengan slot RAM yang ada di laptop anda. Apabila slot laptop berbeda dengan RAM maka RAM tidak akan terdeteksi atau tidak bisa dipasang. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda mencari informasi tentang slot RAM laptop anda di Internet sesuai seri laptop anda. Pastinya anda tak mau salah membeli kan / rugi membeli RAM yang tidak bisa dipasang. Jika anda sudah tahu DDR berapa laptop anda maka harus menyesuaikan saat membelinya. Misal, laptop anda RAMnya DDR 3 maka anda juga harus membeli RAM yang dapat dipasang pada laptop DDR3.

3. Perhatikan Jenis RAM

Jika mau membeli RAM anda bisa juga menyesuaikan RAM lama anda yang ada di Laptop agar saat pemasangan tidak terjadi masalah. Jika ingin tahu, seri RAM untuk laptop ialah SO-DIMM dan bukan DIMM. Untuk jenisnya anda perlu cek ulang apakah DDR atau LDDR. Jika tidak tahu cara ceknya anda bisa cari seri laptop anda di Internet dengan menyesuaikan dengan seri laptop anda. Mungkin jika jenis anda tergolong umum, boleh saja memasang RAM dengan jenis yang berbeda dengan laptop anda.

4. Perhatikan Sistem Operasi

Sebelum menambah kapasitas RAM lebih baik sesuaikan dulu dengan sistem operasi anda. Sistem Operasi yaitu tampilan dan fitur yang melekat pada komputer/laptop. Baik berupa Windows, linux atau yang lainnya ternyata berbeda satu dengan yang lain. Jika 32 Bit maka maksimal yang bisa terbaca hanya 4GB RAM, karena itulah anda akan sia-sia membeli RAM 8GB. Jika ingin RAM anda terbaca penuh misal 8GB maka upgradelah sistem operasi anda ke windows 64 Bit.

Simak Juga : 5 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Paling Ampuh

Memang, tips up ram laptop diatas bisa dikira tidak terlalu penting dan jarang diperhatikan. Akan tetapi, tips yang diatas merupakan hasil dari percobaan yang pernah dilakukan dan resiko yang ditanggung lebih keci. Selain itu, bila anda mengikuti cara diatas dengan benar mungkin anda akan sukses upgrade RAM laptop. Nah, sekian saja yang dapat saya sampaikan, semoga artikel kali ini membantu.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar