5 Tips Memilih Monitor PC Gaming Untuk Pemula - Lensa Warga
Laptop

5 Tips Memilih Monitor PC Gaming Untuk Pemula

Tips Memilih Monitor PC Gaming – PC Gaming merupakan sebuah perangkat hiburan yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Memang fungsi utama dari PC gaming merupakan alat yang berfungsi dalam menampilkan sebuah hiburan berkualitas tinggi yang biasa disebut game. Bila bicara tentang PC gaming pastinya menyangkut Spesifikasi yang sangat besar sekali. Memang benar karena dengan spek gahar, game XD sekaligus bisa dijalankan dengan cepat tanpa terjadi macet-macet.

Monitor Gaming

Kelengkapan dari PC gaming tergolong mahal, apa lagi bicara masalah tampilan layar PC gaming. Sebenarnya bila layar PC gaming tidak berkualitas dan tidak jernih maka keasikan dalam bermain berkurang karena tampilan XD pada game bukan hanya dipengaruhi oleh sebuah VGA saja, namun monitor juga sangat perlu diperhatikan. Untuk itu anda bisa upgrade monitor PC gaming anda kekualitas yang lebih bagus. Lalu bagaimana memilih Monitor untuk PC gaming yang bagus ? caranya sebagai berikut.

1. Cari Yang Sudah LED

Untuk kebutuhan komputer gaming biasanya memperhatikan ukuran, oleh karena itu jika ingin simpel dan bagus anda pilih layar tipis saja, jangan layar tabung agar tidak ketinggalam zaman. Nah, jika memilih layar yang LED anda tidak perlu memikirkan tata ruang anda yang sempit sehingga bebas ditaruh mana saja sesuai tempat yang anda inginkan. Layar LED saat ini memang muncul beragam seri dengan berbagai merk berkualitas, tentunya dengan kebutuhan gaming anda memerlukan penghematan daya, karena itu lebih baik menggunakan LED saja. Intinya, semakin tipis layar maka semakin bagus dan hemat daya.

2. Ukuran Layar

Ukuran layar untuk PC gaming jangan dianggap sama dengan komputer kantoran. Komputer gaming haruslah memiliki layar HD dan berukuran lebih besar, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan anda saat bermain game. Untuk ukuran layar PC gamin yang optimal ialah 23 inch atau minimal 19 inch saja. Akan tetapi semakin lebar ukuran layar maka harganya juga akan sangat mahal. Mungkin anda juga bisa menyesuaikan ukuran yang cocok untuk kebutuhan jenis game yang anda sukai. Mungkin juga tempat untuk meletakkan monitor harus disesuaikan dengan ukuran layarnya sehingga pass dan nyaman saat ngegame.

3. Contrast Ratio Penting

Selain ukuran selanjutnya ada Contrast Ratio yang berguna untuk menampilkan gambar super bagus. Kualitas tersebut berguna untuk meningkatkan ketajaman dari kualitas layar yang begitu cerah dan jernih. Bila ingin membeli monitor alangkah baiknya menanyakan kepada penjual tentang Contrast Ratio terebih dahulu. Jika anda memang menginginkan tampilan game yang gambarnya tanpa pecah-pecah, intinya terlihat sangat jelas anda perlu mencari layar yang memiliki rasio contrast. Memang pada dasarnya hal inilah yang menjadi penyebab layar bagus atau tidak selain jenisnya.

4. Lihat Dead Pixel

Pastinya anda belum tahu apa itu dead pixel, saja beri sedikit penjelasan terlebih dahulu. Dead Pixel merupakan suatu kerapatan atau kualitas yang ditampilkan monitor dalam bentuk titik-titik kecil. Cara mengetahuinya anda bisa membuka gambar putih polos dan terangkan layar, lalu lihat apakah titik-titik hitam lebih besar atau kecil. Untuk itu anda perlu membeli monitor yang Dead Pixelnya lebih kecil. Jarak antar titik juga harus rapat agar gambar yang tampil tidak begitu pecah-pecah, memang untuk layar yang memiliki Dead Pixel yang bagus memiliki harga yang cukup mahal. Tapi dalam tips memilih monitor PC gaming ini sangat penentukan kepuasan anda saat bermain.

5. Soal Harga

Terakhir ialah penyesuaian harga monitor sesuai basis anda. Lebih baik jangan membeli yang murahan, beli saja yang murah tapi berkualitas. Untuk ukuran harga tiap seri layar memang berbeda karena banyak sekali merk yang menyediakan layar komputer. Bila ingin tahu harganya silahkan Googleling saja untuk mencari daftar harga monitor PC gaming. Lalu jika anda menginginkan layar monitor yang high mungkin bisa mencarinya dengan harga 4 juta keatas, memang sudah selayaknya gamer memakai layar monitor berkualitas bagus.

Simak Juga : Harga Dan Spesifikasi Laptop ASUS ROG Zephyrus GX501

Nah dari penjelasan yang saya berikan tersebut, mungkin anda bisa mencobanya langsung ketoko perlengkapan laptop untuk mengeceknya. Tapi, untuk mendapatkan layar monitor yang bagus, anda perlu pintar dalam bernegosiasi karena tak jarang penjual menjerumuskan kita dengan bujukan untuk membeli monitor yang kurang bagus tapi lumayan mahal. Nah, sebisa mungkin anda tanyakan mengenai dead pixel dan rationya. Mungkin jika pelayan toko menjelaskan maka anda bisa memilih monitor tersebut.

Pada intinya anda perlu mengetahui dulu sebelum membeli, karena selayaknya gamer pasti sudah mengetahui mengenai perlengkapan dan kebuhannya. Oke, silahkan anda terapkan tips memilih monitor pc gaming dari saya. Jangan lupa juga untuk menyimak artikel tentang PC dan laptop beserta tips lainnya yang akan saya berikan pada postingan lainnya. Sekian tips memilih monitor pc gaming, sampai jumpa.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar