3 Penyebab Laptop Mati Dan Solusi Paling Ampuh - Lensa Warga
Laptop

3 Penyebab Laptop Mati Dan Solusi Paling Ampuh

Penyebab Laptop Mati Sendiri – Laptop merupakan sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Keberadaan laptop dianggap penting sekali karena sangat berguna membantu pekerjaan manusia. Laptop menjadi barang yang sudah sering dilihat tahun ini, karena banyak sekali orang yang sudah memilikinya. Mungkin jika anda sudah punya pastinya semakin mahir dalam menjalankan suatu pekerjaan dalam laptop tersebut. Namun, pastinya anda juga biasa mendapat gangguan yang tidak diinginkan, biasanya laptop menjadi lemot, lag, error, bahkan laptop mati sendiri.

Penyebab Laptop Mati Mendadak

Semua masalah tersebut pasti tidak diinginkan oleh setip orang yang sedang menjalankan suatu tugas atau pekerjaan. Yang paling parah ialah laptop yang mati sendiri saat masih menjalankan pekerjaan, apalagi pekerjaan belum di save atau disimpan. Tentunya membuat anda geram dan kesal. Untuk itu maka anda perlu mengetahui sebab jelasnya mengapa laptop tersebut bisa mati secara tiba-tiba. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab laptop bisa mati sendiri. Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Laptop Mati Mendadak

1. Laptop Digunakan Dengan Jangka Lama

Saat orang atau pekerja yang membutuhkan laptop, pastinya sering memaksa laptop untuk digunakan dengan jangka waktu sangat lama. Padahal laptop tidak seperti komputer yang bisa bertahan dengan waktu lama karena sistem dari perangkat keras laptop tidak tahan dijalankan dengan waktu lama. Penggunaan laptop dengan jangka lama tanpa dimatikan (Shutdown) akan menyebabkan laptop memaksa mati sendiri. Memang penyebab yang satu ini sering sekali dilakukan oleh orang banyak, biasanya orang tidak memperhatikan jika laptop butuh istirahat seperti manusia. Terkadang kita tidak sadar saat menggunakan laptop, sering kali kita melakukan Sleep pada laptop, artinya laptop tersebut masih dalam keadaan siaga dan belum mati. Solusinya, jangan lakukan Sleep jika anda break, simpan saja datanya terlebih dahulu lalu matikan laptop saja.

2. RAM Bermasalah

RAM atau Random Access Memory merupakan suatu perangkat keras yang dibutuhkan oleh laptop untuk menyimpan data yang ada dalam komputer, maksudnya bukan penyimpanan seperti harddisk namun penyimpanan sementara saat menjalankan suatu proses. Apabila RAM sedang bermasalah pastinya akan mempengaruhi laptop anda, bisa jadi mogok menjalankan tugas bahkan bisa mati sendiri. Solusi tepatnya ialah dengan membuka tutup laptop dan ambil RAM tersebut, lakukan pembersihan pada bagian tembaga ram menggunakan sebuah penghapus pensil. Selanjutnya anda pasang lagi dengan posisi yang benar dan lebih tepat pemasangannya (jangan melenceng).

Jika anda masih gagal maka anda bisa mencoba membeli ram yang sesuai dengan DDR laptop anda, nah jika sudah membeli anda bisa memasangnya langsung. Untuk harga RAM 2 GB keatas tergolong murah yakni 250.000 saja dan itupun sudah bisa mengatasi laptop anda yang mati + menambah atau upgrade RAm.

3. Banyaknya Kotoran Pada Kipas

Penyebab terakhir yang menjadikan laptop bisa mati dengan keadaan panas ialah karena banyaknya debu yang menyumbat saluran pembuangan dan kipas laptop. Jika hal tersebut terjadi, maka kipas yang ada dalam laptop berhenti berputar akhirnya semua komponen bisa kepanasan dan laptop memaksa dirinya untuk Shutdown secara otomatis tanpa ada perintah. Oleh karena itu anda perlu membersihkan laptop tersebut dengan membuka tutup dan membersihkan menggunakan penyedot debu atau kain yang halus.

Lalu bagaimana jika chasing tidak bisa dibuka atau disebabkan karena baterai tanam. Solusi dari penyebab laptop mati tersebut bisa anda atasi dengan membawa laptop anda ke service laptop terdekat yang menyediakan jasa pembersihan bagian dalam laptop, mungkin anda hanya perlu mengeluarkan modal sedikit saja tidak sampai 100.000 rupiah.

Simak Juga : Aplikasi Penambah Pixel Kamera Android Terbaru

Memang berbagai penyebab laptop mati sangat banyak lainnya namun itu saja yang paling sering dijumpai dan menjadi permasalahan serius dalam laptop. Oke, hanya itulah penyebab laptop mati secara tiba-tiba. Jika anda pernah mengalaminya maka ketahuilah bagaimana mengatasinya sesuai pembahasan yang telah saya berikan diatas. Silahkan anda terapkan dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Sekian postingan kali ini dari saya dan jangan lupa simak artikel menarik lainnya, sampai jumpa lagi.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar