Lenovo IdeaPad S940 Review

190

Lensawarga.com – Lenovo IdeaPad S940 merupakan seri laptop yang menawarkan fitur-fitur AI inovatif termasuk hands-free login dan asisten suara jarak jauh. Spesifikasi laptop Lenovo IdeaPad S940 tidak terlihat terlalu berbeda dari laptop ultraportable premium lainnya dari Asus, Dell dan Acer. Laptop ini terbilang tipis dengan ukuran 12,2 mm (0,5 in), beratnya kurang dari 3 pon (1,2 kg) dan sasis logamnya yang elegan tapi juga tipis.

Lenovo IdeaPad S940

Ringan dan sasis logam adalah prasyarat untuk bisa disebut ultraportabel dan bahkan komponen Lenovo IdeaPad S940 adalah komponen standar saat ini. Untuk kategori  prosesor Intel Core i5-8265U atau i7-8565U, memori onboard 8GB atau 16GB, SSD PCIe 1 TB dan Intel terintegrasi Grafik UHD 620 dia yang terbaik.

Baca Juga : Tes Laptop Gamingmu Dengan Tutorial Gaming Ini

Lenovo IdeaPad S940 Review

Segalanya menjadi lebih menarik saat kita coba pula panel led dari laptop ini. Produsennya telah memangkas bezel atas dan samping di sekitar layar untuk membuat ukuran laptop semakin kecil, biasanya dengan mengorbankan webcam yang ditempatkan dengan malu-malu di bawah layar. Lenovo IdeaPad S940 berhasil menghindari keduanya, menjaga webcam tetap di atas layar dengan posisi yang sangat pas.

Selain itu, kaca melengkung di sekitar bezel membuat laptop ini sangat elegan. Tidak hanya tampilannya bagus, tetapi membuat ukuran keseluruhan jauh lebih kecil daripada laptop 14 inci sebelumnya. Meskipun Acer’s Swift 7 juga luar biasa karena alasan ini tetapi masih kalah jauh dengan si Ideapad.

Loading...

Lenovo memang memberi Anda beberapa alasan lain untuk mempertimbangkan banyak hal. Dell XPS 13 yang lebih kecil dan Swift 7 yang lebih tipis dan lebih ringan menjadi salah satu pesaingya. Realitanya tidak satu pun dari alasan itu membuat harganya jadi murah.

Harga IdeaPad S940 dibanderol mulai dari Rp 19 juta, tetapi tergantung pada promosi, harganya bisa jauh lebih murah. Konfigurasi yang kita uji adalah di harga Rp 25 juta, dan dijual seharga AU $3.500 di Australia di mana ia disebut Yoga S940 atau kisaran Rp 49 juta. Saat ini tidak tersedia di Inggris, tetapi harga mulai AS dikonversi menjadi sekitar £ 1.200.

 

Tampilan Menawan Lenovo IdeaPad S940

Lenovo menawarkan dua opsi tampilan dengan S940: A UHD (3,840×2,400-pixel) DisplayHDR 400 dengan kecerahan 500-nit atau 400-nit FHD (1,920×1,080-pixel) panel Dolby Vision. kita menguji layar UHD kelas atas dan sangat cantik dengan warna dan kontras yang sangat baik untuk laptop kelas ini.

Kecerahan 500-nit sangat membantu dan memanjakan mata dengan layarnya yang glossy. Kita coba menggunakannya di warung kopi yang terang dan tanpa masalah. Mungkin satu masalah. Desain engsel tidak membiarkan layar terbuka lebih dari 120 derajat, sehingga menyesuaikan posisi tampilan dan pencahayaan bisa rumit.

Meskipun bezel tipis, Lenovo meletakkan webcam inframerah (IR) di atas layar dengan membuat modelnya tidak seperti model di handphone jaman kini, model naik dan turun. Ini adalah solusi cerdas yang tidak hanya memungkinkan kamera untuk berada di atas. Solusi ini juga berfungsi sebagai bibir untuk membuat tutupnya lebih mudah dibuka.

 

Fasilitas Menawan Lainnya

Kamera IR berfungsi untuk masuk pengenalan wajah dengan Windows Hello. Ini juga dipasangkan dengan sensor lain dan Glance oleh perangkat lunak AI penginderaan Mirametrix. Jika kita menghubungkan Lenovo IdeaPad S940 ke layar eksternal, ia memiliki dua port Thunderbolt 3 USB-C-Glance. Port ini mendeteksi apakah kita sedang melihat layar laptop atau yang terpasang, dan akan memindahkan jendela terbuka sesuai atau secara otomatis.

Fitur ini berfungsi seperti yang dijanjikan dan pergerakannya cukup cepat sehingga bisa lebih cepat daripada hanya memindahkan pointer atau jendela windows kita sendiri. Fasilitas itu juga dapat melacak mata kita dan mengunci sistem jika kita merasa telah menjauh pergi dari layar.

Webcam ini dicocokan dengan mikrofon yang performanya sangat baik jika digabung dengan merekam dengan video. Bekerja sama juga dengan Amazon Alexa dan asisten suara Microsoft Cortana dengan pencocokan suara untuk membuat asisten hanya merespons suara kita saja, pasti menarik bukan?

Keyboard dengan lampu latar nyaman dan pantulan yang menyenangkan pada tombol-tombol yang tidak membuat tombolnya terasa lembek. Touchpad yang presisi membuat sentuhan tangan kita juga lebih compact.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Alienware 17 R4

Mengikuti jejak C930, Lenovo IdeaPad S940 memiliki seperangkat speaker yang sangat bagus. Ditambah dengan pemrosesan Dolby Atmos, suara audio penuh untuk film dan musik. Seperangkat speaker atau headphone eksternal akan terdengar lebih gahar lagi pastinya, tetapi speaker Lenovo cukup menyenangkan untuk digunakan secara teratur, seperti untuk penggunaan sehari hari.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :