Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer - Lensa Warga
Laptop

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer

Lensawarga.com – Sebuah komputer merupakan jenis barang yang sudah melekat erat dalam diri manusia saat ini. Memang benar karena komputer merupakan sebuah alat pintar yang bisa membantu suatu pekerjaan manusia, bahkan dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang sulit dilakukan manusia. Hal tersebutlah yang menjadikan banyaknya orang yang ingin membeli PC.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

Pada dasarnya, sebuah komputer merupakan body dari otak pintar (prosesor) yang dapat menjalankan suatu perintah yang rumit. Namun, pada umumnya orang salah menggunakan sebuah komputer. Bukan lagi dijadikan alat pemecah masalah tapi dijadikan sebagai hiburan semata. Padahal dengan komputer saja kita bisa mengais pundi-pundi keuangan ketimbang sebagai hiburan.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Dan Komputer

Karena banyak sekali fungsi dan manfaat dari komputer sangat luas maka perlu dilakukan penyesuaian tentang spek dan juga kemampuan menjalankan tugasnya. Seperti yang kita ketahui bahwa spek merupakan salah satu kategori paling penting dalam sebuah benda. Artinya dalam komputer juga memerlukan spesifikasi yang besar agar komputer dapat berjalan secara maksimal.

Masalah sederhana yang biasa ditanyakan oleh banyak orang ialah tentang bagaimana mengetahui spesifikasi sebuah perangkat komputer. Tenang, pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang mengetahui spesifikasi komputer dengan cara yang mudah sekali, dijamin semua orang bisa jika melakukan langkah dibawah dengan benar.

1. Mengecek Spek Dengan Dxdiag

Yang pertama tentang cek spesifikasi komputer ialah memanfaatkan sebuah fitur permanen dalam PC kita. Padahal mengetahui sebuah spesifikasi komputer sangat diperlukan banyak orang. Salah satu cara yang sangat mudah ialah dengan fitur yang bernama DXDIAG, yaitu sebuah program penglihat spesifikasi setiap laptop. Pasti setiap laptop atau komputer memiliki DXDIAG, disana anda bisa mengetahui spek yang utama, maksudnya spesifikasi yang tercantum tidak dapat diubah kecuali merubah perangkat kerasnya. Untuk cara membuka DXDiAG mudah sekali, tinggal anda tekan tombol pencarian dipojok kiri bawah dan ketik “DXDIAG” setelah itu akan muncul lalu klik enter untuk membukanya.

2. Mengecek Dengan CPU Z

Cara pertama mungkin saja tidak bisa digunakan jika program diatas rusak atau terinfeksi virus sehingga tidak bisa dibuka. Oleh karena itu kita perlu menggunakan dukungan dengan aplikasi pihak ketiga. Mengetahui spek PC dapat menggunakan aplikasi yang bernama CPU-Z. Aplikasi ini menunjukkan spesifikasi lengkap dan dapat berubah tampilannya apabila ada perubahan spek komputer anda. Untuk cara menggunakannya kita hanya perlu membukanya saja, namun sebelum itu anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

3. Gunakan Sistem Properti

Cara terakhir juga lumayan mudah sekali karena kita tak perlu membutuhkan aplikasi atau program lainnya. Untuk mengetahui spek komputer anda dengan singkat maksudnya spek utama anda bisa gunakan sistem properti. Caranya anda tekan WIN+E, nanti muncul tab komputer anda, selanjutnya pilih tombol yang atas dan bertuliskan “System Properties”. Terakhir tekan menu tersebut dan lihatlah spesifikasi dari komputer / laptop anda.

Dalam berbagai teknik yang dilakukan untuk mengetahui spesifikasi dari komputer atau perangkat sejenis intinya bisa dilakukan dengan bantuan software. Nah, untuk cara yang diatas hanya sebatas rangkuman sempit saja, karena kita hanya akan mengetahui spesifikasi singkatnya bukan spesifikasi keseluruhan secara mendetail.

Simak Juga : Kamera 360 Derajat Terbaik Tahun 2017 Dan Murah

Itulah 3 cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop dengan langkah mudah dan praktis. Silahkan anda pilih cara mana yang paling cocok untuk anda terapkan saat mau melihat spesifikasi sebuah PC. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga postingan kali ini bermanfaat. Terakhir jangan lupa tinggalkan komentar atau kritik dalam kolom komentar dibawah ini.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar