Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh 100% Work

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Saat ini banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan perangkat pintar seperti laptop. Memang banyak kegiatan yang memerlukan bantuan laptop seperti bekerja, membuat proposal, membuat surat, editing video, editing gambar, gaming hingga desain. Ya, memang semakin banyak kebutuhan akan penggunaan laptop memicu banyak pengguna yang mengalami masalah dengan laptopnya. Hal ini wajar muncul dalam laptop apabila spesifikasi yang ditawarkan laptop tersebut rendah, bisa juga tidak terawat sehingga sering diremehkan hal sepele yang dapat merusak laptop.

Mengatasi Laptop Lemot

Berbagai masalah sering terjadi seperti kena virus, booting lama, sering lag, mati sendiri dan lainnya. Untuk kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips mengenai bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot. Sebenarnya masalah ini dianggap sepele, tapi dalam sebagai keadaan mungkin bisa membuat penggunanya emosi. Nah, yang harus dipikirkan adalah bagaimana mengatasinya agar laptop tidak lagi mengalami macet atau lemot. Yuk, kita simak bersama cara mengatasi laptop lemot paling ampuh dengan berbagai cara yang berbeda.

1. Upgrade RAM

Yang menjadi alasan pertama mengapa laptop lemot adalah ram yang digunakan nya sangat kecil. Kemungkinan untuk mengatasinya memerlukan upgrade ram, bukan meningkatkan tapi mengganti yang lebih besar dengan ram baru. Untuk mengupgradenya anda tinggal membeli ram yang sesuai dengan ddr anda. Sayangnya bukan semua laptop bisa upgade ram karena tak jarang memiliki ram yang termasuk seri lama dengan slot lawas sehingga tidak bisa diganti. untuk upgrade ram, anda hanya perlu menyiapkan 300 ribu saja untuk membeli ram 4GB keatas.

2. Ganti HDD Dengan SSD

Loading...

Selanjutnya yang menjadikan laptop lemot adalah hard disk yang digunakan merupakan hard disk lelet. Artinya hard disk tersebut lamban dalam mengerjakan proses sehingga mempengaruhi kinerja laptop anda. Karena itulah alangkah baiknya kita ganti HDD dengan SSD karena sudah terbukti dan sudah banyak dicoba. Hasilnya laptop akan berjalan lebih cepat dalam menjalankan tugas, yang paling menonjol adalah proses menghidupkannya sangat cepat dibanding sebelumnya yang lebih lama.

3. Instal Ulang Windows

Jika anda mengalami laptop yang lelet yang disebabkan oleh windows, mungkin anda bisa lakukan tindakan instal ulang windows. Hal ini sangat penting bagi kelangsungan sistem yang saat rusak perlu langsung diperbaiki agar tidak menjalar ke masalah lain. Anda bisa melakukan instal ulang sendiri atau ke konter dengan menyiapkan dana 50 ribu rupiah saja, ini akan menyelamatkan laptop anda dari lelet.

4. Hapus Software Yang Membebani

Terkadang, lemot juga terjadi akibat software yang ada dalam laptop anda memakan sedikit CPU sehingga bisa mengurangi kinerjannya, mungkin dengan banyaknya aplikasi yang terpasang bisa mengurangi kecepatan membaca proses sehingga laptop lebih lelet padahal mulanya saat belum ada banyak aplikasi masih lancar. Mungkin anda bisa menghapus aplikasi yang dikira berat tapi sudah tidak anda gunakan lagi. Bisa juga file-file yang tidak penting harus anda hapus untuk melokalisasi HDD agar lebih cepat membacanya.

5. Pakailah Software Lawas

Saat ini banyak orang yang memilih software lawas seperti aplikasi lama, windows lawas dan lainnya, hal ini memang terbilang aneh tetapi memiliki banyak kelebihan diantaranya tidak lemot dan menjalankan tugas berat lebih ringan. Inilah yang menjadi alasan mengapa anda harus beralih ke software lawas ketimbang menggunakan software terbaru yang sangat berat untuk dijalankan pada laptop berspesifikasi standar.

6. Pakailah Aplikasi Pihak Ke-3 Untuk pembersihan

Terakhir untuk cara mengatasi laptop lemot, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti antivirus yang bisa menghapus virus karena mungkin kita tidak mampu menghapusnya manual. Kita juga bisa menggunakan booster, cleaner atau aplikasi lainnya yang dapat membersihkan sisa-sisa data yang tidak digunakan lagi. Cara ini dinilai paling simpel dan berhasil membuat laptop lebih lancar.

Simak Juga : 4 Tips UP RAM Laptop Yang Harus Anda Ketahui

Nah, itulah sedikit cara mengenai bagaimana cara mengatasi laptop lemot secara lengkap dan terbukti berhasil, jika anda memiliki cara lainnya mungkin anda bisa mencobanya semua agar lebih optimal. Oke, hanya ini saja yang dapat saya sampaikan dalam postingan kali ini. Nantikan juga artikel menarik lainnya mengenai tips dan trik tentang teknologi, sampai jumpa pada artikel lainnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :