3 Cara Mengatasi Kursor Hilang Paling Ampuh - Lensa Warga
Laptop

3 Cara Mengatasi Kursor Hilang Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kursor Hilang – Saat ini berbagai bug atau celah permasalahan dalam teknologi semakin banyak dan sepele. Walaupun dikira sepele namun dampaknya bisa buruk bahkan membuat anda menjadi stress. Salah satu hal yang menjadi masalah sederhana misalnya kursor pada mouse menghilang. Walaupun terkesan sepele namun bagaimana jika terjadi saat anda bekerja, mendesain, nge-game, pastinya sangat buruk jadinya. Nah, jangan diremehkan lagi masalah kecil yang sering terjadi pada perangkat pintar anda.

Mengatasi Kursor Hilang

Biasanya mouse pada laptop memang bisa hilang dengan sendirinya dan bisa saja muncul kembali lali hilang lagi. Kejadian tersebut memang jarang sekali saya alami, tapi saat keadaan mendadak itu bisa membuat stress. Nah, dari pada tidak tahu terus mengatasinya, mari kita belajar tentang bagaimana mengatasinya. Tapi yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah apa yang menyebabkan kursor mouse menghilang, berikut penyebab yang mungkin saja menghilangkan kursor.

  • Laptop kehabisan sisa RAM
  • HDD sangat berat dan lama bertugas
  • CPU overheating atau kepanasan sehingga sulit bekerja dengan baik
  • Mouse rusak
  • Driver mouse corupt / hilang / eror / rusak
  • pengaturan kurang tepat

Dari berbagai penyebab yang menjadikan mouse kadang hilang adalah karena driver bisa saja bermasalah atau eror. Nah, agar tidak berulang kembali pada laptop kita, mari langsung mengakhirinya dengan cara sederhana. Saya akan bagikan tutor sederhana mengenai cara Mengatasi Kursor Hilang dalam berbagai seri windows, mulai dari windows 7,8 dan 9 semuanya sama untuk tutorialnya.

1. Menggunakan Tombol Fungsi Sebagai Alternatif

Yang pertama ini, anda bisa menggunakan rangkuman tombol yang bisa anda gunakan untuk keperluan sebagai alternatif jika mouse anda tiba-tiba kursornya menghilang. Cara yang satu ini sudah dicoba dalam berbagai keadaan dan hasilnya sangat bagus, cara kerjanya bisa juga memanggil kembali kursor yang kurang sensitif sehingga mau muncul kembali dengan ketentuan kursor sebelumnya dalam keadaan normal bukan rusak.

Untuk tombol yang dapat anda gunakan hanya ada 12 saja dimulai dari kombinasi FN+F1, FN+F2 hingga F12 yang dapat anda coba sendiri dan pasti berhasil. Lalu bagaimana jika cara tersebut gagal? nah saya sudah siapkan alternatif cara selanjutnya untuk mengatasi kursor hilang.

2. Pengaturan Mouse

Yang perlu anda lakukan saat cara pertama belum berhasil adalah dengan mengecek terlebih dahulu bagaimana pengaturan yang tersimpan dalam mouse anda. Cara ini memiliki cara kerja sederhana yakni menghilangkan centang pada pilihan. Memang sudah terbilang berhasil karena sudah banyak yang mencobanya dan kursor sudah berhasil muncul kembali, bagaimana caranya, langsung saja simak

  • Pertama, anda perlu masuk pada menu yang bernama “Control Panel”
  • Selanjutnya ada pilihan”Hard And Sound” pilih atau klik menu tersebut
  • Masuk lagi pada tombol “Device & Printer” lalu pilih yang mouse
  • Pada pengaturan mouse anda bisa pilih “pointer Option” dan hapus tanda centang pada tulisan “hide Pointer While….” Jangan lupa klik ok agar tersimpan

3. Ganti Drive Kursor

Jika cara pertama dan kedua sudah anda lakukan tapi gagal, kemungkinan besar penyebab dari hal tersebut adalah karena driver khusus kursor sedang bermasalah atau rusak. Karena itu anda perlu melakukan tindakan lebih cepat untuk mengatasi hal ini, jika dibiarkan maka driver lama bisa rusak dan menjalar lebih luas. Lalu bagaimana anda mengatasinya? caranya mudah hanya dengan mengunduh driver khusus kursor dan sesuaikan driver anda dengan seri laptop agar lebih aman. Cara terakhir ini sudah dijamin bisa jika anda gagal pada cara pertama atau kedua, memang cukup rancuh dalam menentukan apa yang menyebabkan mouse sering menghilang pada kursornya.

Baca Juga : 4 Tips UP RAM Laptop Yang Harus Anda Ketahui

Nah, demikianlah artikel saya mengenai bagaimana cara mengatasi kursor hilang pada windows berbagai seri. Memang untuk berbagai jenis seri windows tersebut bisa menggunakan cara yang sama dan terbukti work. Oke, selamat mencoba dan jika anda masih sedikit bingung silahkan saja berkomentar untuk lebih jelasnya. Sampai disini dulu postingan kali ini mengenai cara mengatasi kursor hilang dengan mudah dan aman.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar

1 Komentar