5 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Paling Ampuh - Lensa Warga
Laptop

5 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Paling Ampuh

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik – Memang dalam penggunaan laptop kita tak mungkin bebas dari berbagai masalah. Mulai dari laptop yang lemot hingga kipas laptop yang berisik. Pada pembahasan kali ini saya mengambil tema tentang bagaimana cara mengatasi kipas laptop berisik.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Memang kipas yang dipasang pada laptop kadang mengeluarkan suara yang lebih kencang dibanding sebelumnya, suara tersebut biasanya membuat pengguna merasa takut dengan laptopnya apakah mau rusak atau lainnya. Memang permasalahan tersebut kadang juga berdampak pada perangkat laptop anda.

Sebenarnya suara yang bisik tersebut timbul dari berbagai sebab, yang perlu diketahui terlebih dahulu ialah apa yang menyebabkan kipas laptop berisik. Selanjutnya bagaimana mengatasi kipas yang mengeluarkan suara berlebihan, ini penting sekali agar menyelamatkan laptop anda dari kemungkinan rusak pada perangkat kerasnya. Biasanya suara yang kencang dapat mengganggu konsentrasi pengguna yang sedang mendesain, gaming hingga bekerja. Tentunya pada malam hari akan terasa lebih bising dan mengurangi konsentrasi pengguna. Yuk kita simak terlebih dahulu apa penyebabnya.

  • Kipas laptop sudah lawas/tua
  • Kipas laptop dalam keadaan kotor
  • Perangkat anda bekerja sangat berat hingga memungkinkan kipas berusaha keras mendinginkannya
  • Pendingin pada kipas sudah habis / hilang

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Setelah mengetahui apa yang menjadikan kipas laptop mengeluarkan suara yang bising, selanjutnya tentang bagaimana menanganinya dengan benar. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mengurangi suara laptop yang terlalu keras, lebih lebih saat melakukan aktifitas yang berat dalam laptop. Nah, bila anda belum tahu bagaimana mengatasinya, mari simak beberapa cara berikut ini.

1. Ganti Kipas Laptop

Kipas Laptop Berisik juga bisa diakibatkan karena usia kipas yang sudah tua, bisa juga sedikit usang. Hal ini perlu sekali untuk diatasi, mengingat perangkat inti pada laptop seperti prosesor harus membutuhkan pendingin. Jadi jika kipas sudah terlalu lama, alangkah baiknya menggantinya agar perangkat keras pada laptop anda bisa terselamatkan. Untuk menggantinya anda bisa mencoba sendiri atau bisa juga membawa laptop anda ke tempat service laptop.

2. Gunakan Pendingin

Pendingin yang biasanya menempel pada bagian samping kipas memang bisa juga habis atau hilang. Nah, untuk meringankan kerja kipas anda, sebaiknya anda membeli pendingin yang bisa anda pasang sendiri. Bentuk pendingin sendiri seperti gel bubuk yang terasa dingin. Hal ini penting sekali karena kadang perangkat keras pada laptop bekerja penuh hingga sangat panas dan kipas tidak mungkin mendinginkannya tanpa pendingin seperti gel atau bubuk yang saya maksud. Untuk harganya tidak mahal, karena kipas ini muda sekali dijumpai dan anda juga bisa memasangnya sendiri.

3. Gunakan Sistem Operasi Ringan

Jika laptop yang anda miliki hanya memiliki spesifikasi yang rendah mungkin anda tidak perlu memaksakan kinerjanya. Sebaiknya anda membatasi penggunaan sistem operasi yang berat, gantilah sistem operasi yang lebih ringan agar kinerja perangkat keras anda tidak sampai panas. Hal ini berlaku bagi pengguna laptop RAM dibawah 2 GB dengan prosesor dibawah 1,4 Ghz.

4. Seringlah Membersihkan Laptop

Bagi laptop yang memiliki celah yang terlalu banyak tidak menutup kemungkinan akan dimasuki debu setiap hari. Memang benar, hanya dalam waktu 1 bulan saja, dalaman laptop sudah kotor dan mempengaruhi kipas. Kipas pada laptop itu akan bekerja sangat sulit dan juga mempengaruhi akan perangkat lain. Untuk mengatasinya memang anda perlu merawatnya setiap saat dan kadang membersihkan bagian dalam laptop yang sering kemasukan debu. Cara ini juga cukup efektif untuk menjaga laptop anda tetap dalam kondisi baik.

5. Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Yang menjadikan kinerja perangkat adalah banyaknya aplikasi yang berjalan, hal ini mempengaruhi juga pada kipas sehingga memunculkan suara yang lebih keras karena berputar lebih kencang. Lalu untuk mengatasinya anda bisa menghentikan aplikasi yang tidak terpakai, mungkin anda perlu membuka aplikasi yang paling penting saja demi keselamatan laptop anda, cara ini tergolong sederhana tapi tidak boleh diremehkan.

Simak Juga : Spesifikasi Laptop Xiaomi Ultrabook Dan Harga Terbaru

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara mengatasi kipas laptop yang berisik, kipas yang bising tersebut memang mudah diatas namun anda tidak boleh menyepelekan suara tersebut. Memang suara tersebut juga memiliki arti bahwa laptop anda sedang bermasalah atau terlalu berjalan keras. Nah, silahkan anda terapkan tutorial mengenai solusi kipas laptop berisik. Oke, sekian artikel yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, sampai jumpa pada postingan selanjutnya

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar