Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar - Lensa Warga
Laptop

Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar

Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar – Memiliki Laptop memang sudah banyak orang yang mengidam-idamkan. Penggunaan laptop bagi sebagian orang memang dijadikan sebagai alat pokok dalam kehidupan sehari-hari. Karena berbagai kinerja dapat dilakukan dengan cepat oleh laptop, bahkan pekerjaan yang sangat sulit bagi manusia bisa diselesaikan dengan laptop. Karena inilah yang menjadikan banyaknya orang memiliki laptop dengan kualitas yang berbeda-beda.

Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar

Bicara soal laptop, mungkin kita tak terlepas dari masalah atau susahnya merawat laptop. Sebenarnya merawat laptop merupakan hal yang mudah saja, bisa jadi rumit bila penggunaan laptop tidak sesuai aturan atau tatacara yang baik. Karena itulah timbul beberapa masalah contohnya laptop menjadi kotor, kotor didalam maupun diluar bodynya. Masalah inilah yang sering diremehkan, padahal ini dapat merusak laptop anda dengan jangka waktu tertentu. Kerusakan laptop bisa terjadi jika Kipas Laptop kotor dan menyebabkan berhenti berputar, akhirnya laptop kepanasan dan bisa menjadikan perangkat keras didalamnya bisa rusak.

Dengan alasan begitulah kita perlu rutin membersihkan laptop dari kotoran agar tidak cepat rusak. Sudah tahukah anda tentang cara membersihkan laptop yang benar ? jika belum tahu, tenang saja kali ini saya akan membagikan tips membersihkan laptop dengan benar. Mengapa harus benar ? karena komponen laptop tidak selamanya tahan terhadap sesuatu, artinya setiap bagian tersebut bisa jadi rentan saat dibersihkan. Nah, dari pada kebingungan, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Bersihkan Layar Laptop

Layar laptop menjadi salah satu bagian yang sangat rentan saat mau dibersihkan karena kebanyakan layar laptop belum ada pelindungnya, untuk itu pembersihan layar laptop harus benar. Caranya anda bisa menggunakan Tisu kering atau Lap Khusus layar. Untuk membersihkannya anda tidak boleh mempolesnya secara zigzag karena dapat menimbulkan garis. Lebih baik anda bersihkan secara sejajar dari atas lalu mulai atas lagi dengan tisu tersebut. Hal yang dilarang saat membersihkan layar laptop ialah tidak boleh menggunakan lap basah atau tisu basah (menggunakan cairan) hal ini berlaku bagi laptop yang layarnya tidak rapat dan mudah kemasukan air.

Membersihkan Laptop memang diperlukan kehati-hatian tergantung dengan laptopnya sendiri. Apalagi jika layar yang dipunyai termasuk layar yang rentan akan pecah, pastinya sangat beresiko untuk dibersihkan. Tapi jika memang caranya sudah benar pastinya tidak akan terjadi pecah atau error pada layar.

2. Bersihkan Bagian Keyboard

Bagian yang perlu dibersihkan selanjutnya ialah bagian keyboard atau papan ketik. Apabila papan ketik kotor bisa menyebabkan tombolnya kanji bahkan tidak bisa beroperasi. Untuk membersihkan keyboard memang berbeda cara setiap seri laptop karena ada yang setiap hurufnya bisa dicopot ada yang permanen. Untuk yang permanen anda bisa menggunakan penyedot debu dan lap, pastikan debu atau krikil didalamnya bisa tersapu bersih. Untuk keyboard yang tiap hurufnya bisa dibuka, langsung saja buka dan gunakan lap kering. Untuk menghindari kerusakan anda tidak boleh dalam keadaan basah saat menyentuhnya agar tidak terjadi korsleting. Untuk Membersihkan Laptop pada keyboard inilah bagian yang lumayan mudah dan resiko kesalahan sangat kecil terjadi.

3. Pembersihan Kipas Dan Bagian Dalam

Kipas menjadi bagian yang wajib dibersihkan jika dalam keadaan berdebu (kipas susah berputar). Untuk caranya anda bisa membuka chasing dan menggunakan Catenbad (Kolok Kuping) untuk membersihkan setiap bagian kecil didalam laptop dan juga kipasnya. Cara ini tidak boleh dilakukan untuk laptop yang masih ada garansinya karena bisa menghilangkan masa laku garansi, untuk itu anda bisa membersihkannya dari luar dengan penyedot debu yang diarahkan pada lubang ventilasi laptop.

Simak Juga : Harga Dan Spesifikasi Laptop ASUS ROG Zephyrus GX501

Memang cukup susah membersihkan setiap bagian laptop, akan tetapi anda harus membersihkannya setiap laptop yang sudah kotor. Memang untuk Membersihkan Laptop ada banyak cara, yang lebih baik ialah Membersihkan Laptop seperlunya dengan cara yang benar tidak asal-asalan/ Bila anda tak mau laptop menjadi rusak silahkan terapkan cara diatas saat membersihkan laptop. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda dan jangan lupa simak artikel menarik lainnya.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar