Cara Ampuh Menjaga Kinerja Laptop Agar Tetap Awet

49

Lensawarga.com – Mengapa kali ini kita membahas tentang cara ampuh menjaga kinerja laptop agar tetap awet? Karena, tidak sedikit orang menggunakan dan membutuhkan laptop di keseharian mereka. Laptop biasanya dijadikan sebagai teman bekerja, bermain dan banyak hal menarik lainnya. Karena, salah satu peralatan canggih yang satu ini bisa digunakan dan mudah dibawa kemana saja.

Cara Ampuh Menjaga Kinerja Laptop

Jadi, hal yang wajar jika seseorang ingin laptop mereka tetap awet dan berfungsi dengan baik dalam waktu yang cukup lama. Karena, laptop juga bukan alat elektronik yang tergolong murah, bukan? Jadi, tidak ada salahnya jika kita mengenali beberapa hal mengenai ketahanan laptop di bawah ini.

Baca Juga : Asus Zenbook Pro UX501VW, Laptop Paling Tipis yang Cocok untuk Youtuber

1. Hindari Masalah Overheat

Hal paling mudah membuat kerusakan di banyak bagian dalam laptop adalah masalah overheat. Ini bisa menyebabkan beberapa komponen laptop menjadi melambat kinerjanya dan bahkan bisa menjadi rusak seketika. Jadi, jangan melakukan hal-hal yang bisa memicu adanya masalah overheat ini, ya. Ada banyak hal sepele yang memicu masalah ini. Misalnya saja menggunakan laptop sembari berbaring ditempat tidur atau multitasking secara berlebihan.

2. Jauhkan Dari Air

Tanpa kita sadri, seringkali kita menggunakan laptop sembari bekerja dan ini juga memicu kita untuk meletakkan makanan dan minuman berdekatan. Bahayanya adalah jika misalkan makanan dan minuman tersebut tanpa sengaja tumpah di atas laptop yang sedang menyala, pasti tahu kan seberapa parah kerusakan yang timbul? Nah, untuk itu, sangat dianjurkan untuk tidak mendekatkan air atau minuman disamping laptop. Ini akan menghindari masalah kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh hal-hal tersebut.

3. Membersihkan Secara Berkala Adalah Cara Ampuh Menjaga Kinerja Laptop

Loading...

Nah, hal terbaik lainnya yang bisa dilakukan adalah untuk selalu menjaga kebersihan dari laptop tersebut. Walaupun beberapa komponen penting termasuk Mainboard, RAM dan lainnya berada di dalam tubuh laptop. Bukan berarti komponen-komponen ini tidak bisa terkena kotoran seperti debu. Untuk itu, sangat disarankan untuk tetap menjaga kebersihan laptop agar terhindar dari kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan kinerjanya menurun.

4. Gunakan Laptop Sesuai Dengan Kemampuannya

laptop memiliki kemampuan dan spesifikasinya masing-masing. Jadi, sangat disarankan untuk membeli dan menggunakan sesuai dengan kemampuannya tersebut. Jika tidak maka akan berpotensi menjadi lelet alias lamban dan ini pastinya akan membuat laptop rusak, lama kelamaan. Jadi jangan pernah coba-coba menggunakannya melebihi dari kapasitas yang sudah disediakan. Misalnya saja, jika ingin mendapatkan kualitas laptop dengan baik saat multitasking, carilah yang sudah dilengkapi dengan minimal RAM 3 GB.

5. Jangan Menggunakan Mode Hibernate Bermalam-Malam

Alih-alih mematikan laptop, banyak yang lebih suka menggunakan mode hibernate. Alasannya? Masih banyak pekerjaan yang sedang dilakukan dan sayang jika laptop dimatikan. Nah, ini akan merusak laptop secara perlahan. Ketahuilah bahawasanya laptop memerlukan fase istirahat, bukan hibernate, yang mana laptop tetap ada dalam posisi “siaga”. Apalagi jika melakukan ini dalam kurun waktu yang lama. Selamat, ini adalah cara praktis untuk membuat laptop tersebut menjadi rusak. Jadi, walaupun ada pekerjaan yang masih menggantung, cobalah disimpan dan matikan laptop tersebut jika tidak digunakan. Bukankah pekerjaan ini bisa dilanjutkan nanti jika sudah kembali menghidupkan laptop?

6. Jangan Sembarangan Instal Aplikasi

Pastinya, ada banyak sekali jenis aplikasi yang beredar dan terlihat sangat menarik di internet. Namun, tidak semua aplikasi tersebut baik untuk kesehatan lapop. Yang mana banyak dari kumpulan aplikasi dilengkapi juga dengan virus-virus berbahaya. Jika terinstal dengan aplikasi ini, maka virus akan merusak program laptop dan membuat laptop tersebut menjadi error. Apalagi sekarang ada banyak sekali jenis-jenis virus yang sangat berbahaya dan bahkan bisa meretas informasi pribadi. Oleh karena itu, jangan sembarangan menginstal dan mendownload sesuatu, ya!

7. Jangan Meletakkan Beban Berat Diatas Laptop

Kerusakan laptop bisa dikarenakan akibat tindihan benda berat. Jadi, jangan sekali-kali menjadikan laptop sebagai alas untuk meletakkan benda-benda lainnya.

Baca Juga : 7 Penyebab Laptop Mati Mendadak Paling Umum

Nah, demikianlah hal yang perlu diketahui jika ingin laptop terjaga kinerjanya dan awet. Lakukanlah perawatan secara berkala untuk mengetahui kerusakan yang mungkin dialami oleh laptop tersebut. Jangan lupa untuk selalu membersihkannya dan mematikannya setelah menggunakannya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :