7 Penyebab Laptop Mati Mendadak Paling Umum

Lensawarga.com – Mengenali beberapa penyebab laptop mati mendadak paling umum adalah hal penting bagi sang pemilik laptop. Karena, salah satu permasalahan yang kerap kali dikeluhkan adalah laptop yang mati secara mendadak ini. Bagi pemilik yang masih belum tahu akan hal ini pastinya akan sangat panik dan akan buru-buru mendatangi service komputer dan laptop bukan?

Penyebab Laptop Mati Mendadak

Tapi, jangan terlalu panik terlebih dahulu. Karena kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa saja kemungkinan penyebab yang bisa menyebabkan keadaan laptop tiba-tiba mati tersebut. Jadi, anda tidak lagi panik jika mengalami situasi seperti ini. Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Laptop Gaming Alienware M15 Hadir Dengan Bodi Ramping

1. Laptop Mengalami Overheat

Loading...

Nah, dari namanya saja kita sudah tahu apa itu overheat bukan? Ini adalah kondisi dimana suhu laptop terlalu panas sehingga bisa membuat beberapa komponen terganggu kinerjanya hingga menjurus kekeurasakan yang lebih berbahaya. Dari sekian banyak permasalahan akan laptop yang tiba-tiba tidak menyala, salah satu penyebab terbanyak adalah karena overheating. Penyebabnya? Sangat sepele lho! Kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur, sofa, bantal maupun jenis permukaan lainnya yang tidak datar bisa menyebabkan hal ini.

Ketidakstabilan sirkulasi udara yang mengalir di dalam laptop ini akan membuat kinerjanya menjadi terganggu.Solusinya? tentu saja coba gunakan laptop dipermukaan yang datar seperti meja kayu dan jika masih mengalami hal yang sama maka gunakan kipas pendingin laptop.

2. Penumpukan Kotoran dan Debu

Nah, jika anda dalah pengguna yang selalu menggunakan cooling pad alias kipas pendingin tapi masih sering mengalami hal ini, maka cobalah periksa kebersihannya. Karena, jika kipas pendingin laptop tersebut berada dalam keadaan kotor, maka bisa mendistribusikan debu maupun kotoran lainnya kedalam laptop. Penumpukan ini lama kelamaan akan membuat kinerja laptop mendadak menurun. Dan, jika kita paksakan prosesor laptop akan kembali overheat dan mati. Solusinya tetap bersihkan secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu.

3. Pasta Prosesor Yang Mengering

Umur dari sebuah laptop juga bisa mempengaruhi sebagaimana baiknya kinerja laptop tersebut. Karena, bagian pasta processor akan mengering seiring waktu penggunaan dari laptop ini. Perlu diketahui, bahwasanya, fungsi dari pasta ini adalah untuk mencegah masalah overheat. Nah, kebayangkan jika sudah mengering? Pastinya processor akan semakin mudah untuk mengalami overheat. Solusinya tetap harus mengganti pasta tersebut dengan yang baru.

4. RAM Yang Tidak Bersih

Nah, permasalahan berikutnya yang sering menjadi penyebab laptop mendadak mati adalah masalah RAM yang kotor. Kenapa? RAM adalah tempat penyimpanan memori sementara laptop tersebut. Jadi, jika tidak bersih maka kinerjanya akan menurun dan terganggu. Walaupun RAM memang diletakkan di dalam badan laptop, namun bukan hal yang mustahil alat ini bisa kotor. Solusinya tetap harus membersihkan RAM secara hati-hati agar tidak terganggu kinerjanya.

5. Penggunaan Yang Menyalahi Spesifikasi

Pastinya, ada kegunaan tertentu dibalik varian spesifikasi laptop yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah untuk menentukan seberapa “kuat” pemakaian dari laptop tersebut. Contoh paling mudah adalah ketika anda menggunakan laptop yang standarnya jauh untuk digunakan ngegame tapi terpaksa digunakan ngegame. Alih-alih menikmati permainan, anda hanya akan mendapati laptop tersebut lelet hingga berujung kematian mendadak. Untuk ini, solusinya tetap mengetahui spesifikasi laptop dan sesuaikan dengan standar penggunaanya.

6. Crash Program dan Virus

Hal lainnya yang menyebabkan laptop tiba-tiba mati adalah masalah virus dan program yang error. Coba ingat-ingat lagi apakah anda baru-baru ini sedang menginstal sebuah aplikasi? Jika ya, boleh jadi aplikasi tersebut yang tidak terinstal secara sempurna dan menyebabkan sistem laptop menjadi error. Bahkan, serangan virus juga bisa menyebabkan permasalahan yang sama. Solusinya? Gunakan antivirus paling update dan kembali ke sistem recovery untuk mengatasi permasalahan crash program ini.

7. Masalah Mainboard

Hal terakhir yang mungkin menyebabkan permasalahan laptop mati secara tiba-tiba adalah kerusakan pada bagian mainboard. Ini merupakan perangkat yang sangat penting bagi laptop manapun. Mainboard adalah sistem yang merupakan otak dari sebuah laptop. Kebayangkan jika sebuah “otak” bermasalah? Biasanya terjadi karena sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama atau terlalu banyak melakukan multitasking. Solusinya, ganti mainboard baru, atau mungkin membeli perangkat laptop baru.

Baca Juga : 9 Smartphone Harga 2 Jutaan Terbaik 2019

Nah, demikian permasalahan dan solusi tentang laptop yang mati mendadak dari pengamatan Lensawarga.com. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :