7 Panduan Membeli Laptop Baru yang Harus Diketahui

Lensawarga.com – Mengetahui 7 panduan membeli laptop baru yang harus diketahui ini sangatlah penting bagi kamu yang ingin mendapatkan laptop sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena, ada banyak sekali jenis laptop yang beredar dengan perbedaan yang berarti. Jadi, mengetahui panduan pembelian ini akan sangat menghemat waktu pencarian dan menjadi lebih spesifik.

Panduan Membeli Laptop

Laptop, pada dasarnya dibuat untuk bisa membantu banyak pekerjaan manusia. Salah satu gadget canggih ini bisa digunakan dimana saja dan lebih mudah dibawa ketimbang PC. Namun, tentunya setiap pembeli memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk itulah panduan membeli laptop ini kami buat.

Baca Juga : Samsung Luncurkan Laptop Seri Notebook 9

1. Memilih Desain

Loading...

Pastinya, kita memiliki selera yang berbeda jika membicarakan masalah desain ini. Ada yang menyukai desain yang praktis tidak terlalu banyak detail yang mencolok, ringan, tipis dan mudah dibawa kemana saja. Ada juga yang menginginkan desain yang lebih kompleks. Desain laptop ini juga mengalami perkembangan dari masa ke masa. Ada yang memiliki desain tipis, model 2 in 1 yang menggunakan layar lepas pasang hingga teknologi layar sentuh.

2. Keyboard

Kenapa kita menambahkan poin keyboard pada poin yang satu ini? Karena, Setiap brand dan jenisnya, laptop terdiri dari beragam bentuk, warna dan desain keyboard yang berbeda juga. Pastinya, kamu harus mempertimbangkan kenyamanan saat memilih keyboard laptop jika memang ingin menggunakannya sebagai alat untuk bekerja. Keyboard yang sedikit keras pastinya tidak nyaman digunakan untuk pengetikan.

3. Kualitas Baterai

Mengapa kita perlu mengetahui dan mempertimbangkan daya tahan baterai? tentu saja ini juga termasuk di dalam kenyamanan saat menggunakan laptop. Bayangkan saja jika kamu harus setiap jam mengisi ulang daya baterai jika hanya mendukung kapasitas baterai yang rendah. Ini sangat tidak nyaman dan fleksibel apalagi jika kamu harus menggunakannya di luar rumah, bukan? Jadi, sangat direkomendasikan untuk menggunakan laptop yang memiliki daya tahan baterai cukup untuk mudah digunakan.

4. Kualitas Layar

Walaupun sudah banyak sekali jenis laptop dari beragam brand yang berbeda. Tapi sayangnya masih banyak juga varian laptop yang tidak dilengkapi dengan kualitas layar yang mumpuni. Oleh karena itu, ketika hendak membeli sebuah laptop, cobalah memperhatikan kualitas layarnya ini. Perhatikan bagaimana tingkat kecerahan, resolusi dan jenis layar yang digunakan pada laptop tersebut. Tidak hanya kualitas layar, namun ukuran layar laptop juga menjadi pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan nantinya.

5. Konektivitas

Kenapa konektivitas juga perlu untuk membeli sebuah laptop baru? Karena nantinya kamu pasti akan menggunakan beragam jenis konektivitas agar bisa menghubungkan laptop ini ke koneksi internet bukan? Nah, kamu harus memastikan laptop tersebut sudah dilengkapi dengan beragam jenis konetivitas yang bisa digunakan di zaman yang sudah canggih sekarang ini. Jangan sampai, hal penting ini terlupakan sehingga menghambat fungsi dari laptop tersebut dikemudian hari.

6. Prosesor

Prosesor alias dapur pacu dari sebuah laptop akan menentukan bagaimana kualitas performa dari alat itu nantinya. Jadi, jangan lupa untuk meneliti jenis prosesor yang digunakan oleh laptop tersebut. Karena ada banyak jenis dapur pacu laptop yang beragam untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Apalagi jika kamu ingin menggunakan laptop ini untuk beragam fungsi berat seperti bermain game, pengeditan grafik dan lainnya. Maka, dibutuhkan prosesor berteknologi tinggi agar bisa melancarkan proses tersebut.

7. Kapasitas RAM

Rupanya, selain mempertimbangkan masalah dapu pacu, RAM juga perlu diketahui kapasitasnya. RAM ini sendiri adalah penyimpanan data sementara dari program atau aplikasi yang sedang bekerja. Nah, kebayang kan bagaimana pentingnya RAM ini? Jika RAM yang tersedia dalam ukuran yang kecil. Maka kamu kedepannya tidak bisa menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan alias tidak bisa multitasking dengan mulus. Apalagi jika kamu adalah gamer yang suka memainkan game di laptop. Maka diperlukan RAM yang mumpuni. Ukuran RAM ini juga akan disatukan dengan jenis windows yang digunakan. Semakin besar RAM nya maka semakin mudah melakukan banyak pekerjaan dengan laptop sekaligus.

Baca Juga : 5 Laptop Untuk Video Editing Paling Bagus

Selain beberapa poin penting di atas, hal penting lainnya adalah mempertimbangkan garansi dari laptop tersebut. Kenapa? Karena ini anntinya akan menjadi salah satu penjamin jika terjadi kerusakan sistem yang bisa diklaim oleh pembeli.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :