Laptop

5 Cara Mendinginkan Laptop Paling Ampuh Dan Aman

Cara Mendinginkan Laptop –¬†Saat ini berbagai keperluan bisa dijalankan menggunakan sebuah laptop mulai dari bekerja, editing, gaming dan lainnya. Memang keperluan yang semakin banyak tersebutlah yang membuat laptop sudah sering kita jumpai, bahkan anda sendiri mungkin sudah memilikinya. Namun, pernahkah anda mendapati masalah saat penggunaan laptop anda. Ya, memang bisa saja terjadi permasalahan yang mengganggu kerja anda seperti laptop yang panas hingga membuat kinerja anda semakin bingung dan proses yang dijalankan dalam laptop menurun drastis karena suhu yang melebihi batas.

Cara Mendinginkan Laptop

Permasalahan yang ada kaitannya dengan suhu laptop memang sudah sering kita alami. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Cara Mendinginkan Laptop yang optimal. Berbagai cara tentunya bisa anda lakukan mulai yang sederhana hingga cara yang sering disepelekan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengenai Cara Mendinginkan Laptop yang ampuh. Mungkin hanya sedikit tips yang nantinya akan saya sampaikan pada artikel kali ini, mari langsung saja kita simak.

1. Perhatikan Kipas Laptop

Yang menjadi penyebab laptop anda menjadi panas pertama adalah kipas yang berada didalam laptop tidak bekerja. Memang ini umum terjadi hingga menyebabkan laptop terasa sangat panas. Kipas yang biasanya berputar untuk mendinginkan perangkat jika berhenti bisa menyebabkan kerusakan perangkat peras anda karena kepanasan. Kipas laptop bisa saja mati lantaran kipas sudah tua, sudah rusak atau kotor. Untuk mengatasinya anda bisa bersihkan atau ganti kipas sendiri. Hal ini memang perlu untuk mencegah kerusakan perangkat keras anda yang ada dalam laptop, pastinya sangat disayangkan jika VGA, RAM atau HDD gosong kepanasan.

2. Selalu Bersihkan Laptop

Yang paling sering membuat kipas laptop anda berhenti adalah kotoran yang menempel pada kipas dan menghambat perputarannya kipas. Jika laptop anda merupakan jenis yang memiliki port besar maka alangkah baiknya untuk selalu membersihkan laptopnya agar kemungkinan debu masuk sedikit. Cara Mendinginkan Laptop yang kedua ini memang sebuah kebutuhan anda yang memerlukan pembersihan laptop secara berkala. Nah, jika memang anda tidak memiliki waktu untuk membersihkannya, mungkin anda bisa membawa laptop kesayangan ke konter untuk diperbaiki dan dibersihkan bagian dalamnya.

3. Pakailah Kipas Tambahan

Cara Mendinginkan Laptop yang selanjutnya paling sederhana ialah menggunakan kipas tambahan untuk membantu mempercepat pendinginan. Memang kadang keperluan yang keras dapat membuat kipas laptop kita perlu bantuan lagi untuk mendinginkannya. Hal yang penting dari cara yang satu ini adalah tidak memakai kipas yang terlalu berat agar tidak membebani sumber daya laptop anda. Untuk kipas tambahannya ternyata murah sekali dengan harga kisaran 40.000 rupiah.

4. Batasi Aplikasi Berjalan

Sebab yang juga bisa membuat laptop bekerja keras sehingga lebih cepat panas adalah banyaknya aplikasi atau program yang dibuka dalam satu waktu dengan jumlah yang banyak. Tentunya ini membebani proses laptop dana akan lebih bekerja keras menjalankan semua program tersebut. Itulah mengapa alasan tidak disarankan menghidupkan banyak aplikasi bersamaan.

5. Gunakan Laptop Ditempat Sejuk

Jika memang anda menginginkan laptop selalu dalam keadaan baik dan tidak kepanasan maka anda boleh mencoba mendinginkan yang lebih cepat yakni ditempat ber-AC. Ruangan yang memiliki suhu lebih rendah dari pada laptop itu lebih bagus jika memang kebutuhan laptop anda sangat berat. Sayangnya tidak semua tempat memiliki pendingin ruangan, karena itulah cara ini tidak maksimal.

Simak Juga : 4 Situs Download Windows Lawas Paling Aman Dan Gratis

Cara Mendinginkan Laptop memang sangat bermacam – macam hanya saja saya ambil pokoknya saja yang paling penting. Untuk itu jika memang anda sering mendapati laptop anda dalam keadaan panas mungkin bisa mengikuti Cara Mendinginkan Laptop. Jadi hanya inilah yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana mengatasi laptop yang panas, jangan lupa nantikan juga artikel menarik lainnya dari sini lebih lengkap, sampai jumpa lagi ya.

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

4 Komentar

  • I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information.

  • Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I
    could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and
    was hoping maybe you would have some experience with something like this.

    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy
    reading your blog and I look forward to your new updates.

Tinggalkan Komentar