4 Tips Melindungi Smartphone Dari Hacker Dan Virus - Lensa Warga
Android Smartphone

4 Tips Melindungi Smartphone Dari Hacker Dan Virus

Tips Melindungi Smartphone – Saat ini sudah marak penggunaan smartphone yang kian melejit. Memang smartphone sendiri sudah menjadi barang yang sering kita jumpai saat ini. Mungkin anda juga memiliki smartphone mahal yang terkadang muncul masalah saat penggunaannya. Mulai dari masalah serangan dari pihak yang ingin berlaku buruk pada kita. Memang saat ini sudah marak yang namanya pembobolan, hacking, phising dan lainnya. Aktivitas tersebut memang sesuatu yang perlu anda amati lebih dalam mengenai bagaimana mengatasi hal tersebut.

Melindungi Smartphone Dari Hacker Dan Virus

Walaupun kedengarannya tidak terlalu penting melindungi smartphone tapi saat ini yang namanya virus sudah semakin canggih dan bisa mengambil data anda secara sembunyi – sembunyi. Bagaimana jadinya jika memang anda punya smartphone yang didalamnya ada akun, file atau data penting yang harus anda saja yang mengetahuinya. Nah, itulah alasan mengapa sangat perlu anda waspada dengan serangan berbagai hal yang bisa menyebabkan smartphone cepat rusak atau hilang datanya. Karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan postingan mengenai Tips Melindungi Smartphone dari hacking, virus, malware dan lainnya.

1. Gunakan Kunci Layar

Untuk Tips Melindungi Smartphone yang pertama adalah selalu memberikan password atau kunci layar yang sangat penting untuk melindungi serangan secara online atau offline. Terkadang ada yang menyerang secara online dengan memanfaatkan IP yang disambungkan pada smartphone anda. Cara ini bisa berlaku jika anda sedang online, sistemnya android anda digerakkan secara manual jarak jauh oleh orang yang menyerang anda. Karena itulah saat anda online jangan lupa memberikan sandi layar jikalau anda meninggalkan smartphone dalam keadaan online masih aman dan orang yang menyerang anda tidak bisa membuka layar tersebut.

2. Hati- Hati saat Mengkonekkan Wifi

Selanjutnya ada cara sederhana yang kedua, Saat ini memang sudah rentan dengan serangan yang bisa dilakukan dengan wifi. Cara yang satu ini kerap dilakukan oleh para hacker yang ingin mengambil data anda. Biasanya orang akan menyediakan lokasi free wifi, padahal sudah ada sistem yang bisa menghubungkan ke perangkat anda, bisa juga virus menyerang dan mencuri data anda. Nah, untuk itulah anda perlu berhati-hati saat penggunaan wifi ditempat umum. Jika memang anda ingin lebih aman lagi silahkan anda menggunakan kuota internet sendiri atau dengan menggunakan wifi yang sudah terjamin keamanannya seperti wifi sekolahan / forum. Tips Melindungi Smartphone yang ini memang tidak terlalu berguna namun sangat penting jika memang anda punya data penting.

3. Jangan Masuk Situs Sembarangan

Saat ini sebuah situs web saja sudah terancam keamanannya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus kena virus yang berasal dari situs web. Memang hal ini sering terjadi pada web yang mengandung virus didalamnya. Memang mudah sekali memasukkan malware kedalam blog melalui kode script atau bisa juga dari template widget blog. Jadi anda sangat sampai membuka blog yang mencurigakan untuk anda kunjungi. Lebih baik anda masuk situs yang terpercaya seperti blog – blog profesional.

4. Jangan Sembarangan Instal Aplikasi

Untuk Tips Melindungi Smartphone yang selanjutnya adalah larangan untuk memasang aplikasi android sembarangan dari sumber yang tidak jelas. Kadang para hacker biasanya memberikan aplikasi pada orang lain padahal didalamnya sudah dimasuki oleh virus berbahaya. Intinya sebelum anda memasang aplikasi lebih baik scan dulu menggunakan antivirus yang dapat menghapus virus secara otomatis. Nah, inilah yang paling penting dalam menjaga smartphone anda dari serangan virus  berbahaya yang mungkin saja disisipkan dalam sebuah program aplikasi sederhana.

Simak Juga : Tips Sebelum Membeli Xiaomi Agar Tidak Menyesal

Memang untuk mengamankan smartphone dari serangan para hacker tidak mudah, lantaran sekarang ini sudah banyak sekali cara merusak smartphone secara online. Ya, inilah Tips Melindungi Smartphone yang mungkin ampuh untuk anda coba. Jadi intinya anda harus waspada dengan sesuatu yang mencurigakan apalagi yang berhubungan dengan software dan online. Oke, sekian tips sederhana yang dapat saya sampaikan, mungkin anda bisa juga menggunakan cara diatas. Jangan lupa untuk simak artikel menarik lainnya dari sini, sampai jumpa.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar