6 Teknik Fotografi Hp Android Untuk Pemula - Lensa Warga
Android Smartphone

6 Teknik Fotografi Hp Android Untuk Pemula

Teknik Fotografi Hp Android –¬†Saat ini kebutuhan akan fotografi sangat dimudahkan seiring munculnya berbagai smartphone yang memiliki kamera bagus dan memiliki hasil foto yang setara dengan DSLR. Memang, saat ini sudah semakin mudah menjadi fotografer hanya dengan menggunakan HP android saja, tapi perlu anda ketahui tentang bagaimana menghasilkan foto yang maksimal, tentunya hasil foto anda harus bagus dan tidak memiliki kekurangan sedikitpun.

Teknik Fotografi Smartphone

Hal ini yang paling sulit memang kita perlu mengetahui cara fotografi pada HP android. Bagi orang yang ingin membeli hasil foto anda, pastinya mempertanyakan keaslian dan kualitas foto, apalagi jika diteliti lebih dalam dan akan muncul kekurangan dalam foto anda. Nah, itulah sebabnya jika anda ingin menjadi fotografer hanya dengan menggunakan kamera HP jangan takut. Kali ini saya akan memberikan cara mengenai Teknik Fotografi Hp Android yang paling ampuh untuk mendapatkan hasil foto maksimal.

1. Bersihkan Lensa Kamera

Yang pertama anda bisa lakukan sebelum mengambil foto dengan HP adalah selalu menjaga kebersihan lensa. Hal ini perlu sekali mengingat smartphone biasanya ditaruh dalam saku dan pastinya tanpa menggunakan pelindung kamera. Hal inilah yang bisa membuat lensa anda kotor, kadang ada bintik kecil atau kotoran yang menempel. Nah, jika anda ingin mendapatkan foto yang bersih anda bisa membersihkan dulu lensa dengan tisu atau lap khusus untuk lensa kamera.

2. Gunakan Tombol Volume Untuk Shot

Jika anda menginginkan hasil foto yang tidak blur dan tentunya jelas anda bisa mengambilnya menggunakan volume atau power yang di setting untuk shot. Hal ini lebih bagus untuk menghasilkan foto yang berkualitas dan tidak blur. Jika anda memotret langsung dari layar mungkin karena menekan layar maka objek akan tidak tenang lagi. Walaupun sederhana tapi ini sudah dilakukan oleh fotografer profesional yang berguna saat mengambil foto tanpa blur.

3. Jangan Gunakan Zoom

Jika anda ingin hasil foto yang dekat padahal jarak objek jauh pastinya anda lakukan zoom lalu memotret. Hal tersebut salah karena bisa menghasilkan foto yang buruk, memang tidak jelas karena hanya menggunakan zoom sebelum memotret bisa mengurangi kualitas. Yang benar adalah memotret seperti biasa lalu anda boleh nge-zoom dan boleh juga dipotong fotonya, pasti hasilnya lebih bagus.

4. Hindari Menggunakan Flash

Mungkin hal ini banyak disepelekan oleh fotografer pemula dan malah sering memakai flash. Tapi ternyata para fotografer yang handal mereka malah lebih menghindari flash saat memotret. Hal ini memang memiliki alasan karena hasil foto yang menggunakan flash akan tampak keputihan dan objek tidak jelas. Lebih baik saat masih ada cahaya, anda jangan pakai flash dan biarkan gunakan cahaya natural saja untuk memberikan kesan yang asli pada hasil foto anda.

5. Gunakan Focus

Jika memang anda memiliki objek yang perlu difoto untuk objek tersebut saja, maka lebih baik anda menggunakan fitur autofocus atau fokus manual untuk memberikan kesan dramatis pada kamera tersebut. Memang, ini sudah selayaknya dipakai untuk belajar memotret lebih fokus, tapi jika anda ingin memotret objek yang luas, tidak disarankan menggunakan autofocus.

6. Seringlah Gunakan Landscape

Untuk menghasilkan foto yang maksimal, alangkah baiknya anda menggunakan smartphone anda miring dibanding tegak. Hal ini lebih disarankan agar lebih banyak objek yang dapat diambil, apalagi jika backgroud tampak luas pastinya perlu media foto yang luas. Namun, cara ini tidak juga digunakan terus, kadang kita juga memerlukan foto vertikal atau hasil foto yang tegak.

7. Gunakan Tambahan Lensa

Saat ini sudah banyak yang menjual lensa untuk tambahan smartphone. Lensa ini berguna untuk menghasilkan foto yang dapat melihat objek kecil seperti semut. Dengan menggunakan tambahan lensa anda bisa memfokuskan kamera pada objek yang kecil sehingga bisa mengambil foto yang dramatis dan terkesan natural. Untuk lensanya anda juga bisa mencoba lensa premium atau lensa murah seperti lensbong.

Simal Juga : Merk Smartphone Yang Memiliki Kualitas Bagus Dan Murah

Nah, memang untuk mengambil foto yang terkesan profesional memang kita perlu berbagai komponen, apalagi jika anda ingin menjadi seorang fotografer handal, mungkin tips diatas bisa anda jadikan awal untuk belajar. Oke, silahkan anda coba sendiri pada smartphone anda. Demikian Teknik Fotografi Hp Android yang berguna untuk belajar. Mungkin Teknik Fotografi Hp Android diatas belum lengkap karena saya sendiri bukan fotografer profesional. Oke, sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar