Pengertian Mengenai CPU, GPU, Dan APU Paling Lengkap - Lensa Warga
Android Smartphone

Pengertian Mengenai CPU, GPU, Dan APU Paling Lengkap

Lensawarga.com – Apa itu CPU GPU APU Dalam perangkat smartphone sampai laptop, anda pasti sering mendengar salah satu hardware dari CPU, GPU, Dan APU. Bagi para pengguna alat pintar pastinya sudah tahu akan pentingnya ketiga perangkat tersebut. Tanpa perangkat tersebut maka komputer atau smartphone tidak akan bisa berjalan bahkan tidak bisa menerima perintah apapun. Karena sangkin pentingnya, anda perlu mengetahui tentang apa itu CPU, GPU, Dan APU. Kali ini saya akan menjelaskan satu demi satu agar anda lebih mudah mengetahui dan membedakan mana CPU, GPU, Dan APU bahkan kita juga dapat mengetahui fungsi utamanya.

Pengertian CPU, APU, GPU

Ketiga istilah CPU GPU APU memang terasa tidak perlu diketahui, tapi bagi anda yang ingin memiliki perangkat pintar yang punya kecanggihan maksimal maka anda perlu mengetahui ini. Ketiga alat tersebut memang bagian paling inti dalam perangkat pintar sehingga anda perlu mengetahui seluk beluk tentangnya untuk mendapatkan perangkat pintar yang bagus dalam berbagai segi kegunaan. Langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini.

1. Apa Itu CPU

CPU atau kepanjangannya Central Processing Unit merupakan bagian yang sangat inti bagi perangkat pintar. Bagian inilah yang menjadikan smartphone sampai laptop dinamakan sebagai “smart” atau pintar. CPU atau prosesor inilah yang memberikan perintah dan mengerjakan tugas yang sangat rumit. CPU kerap disebut sebagai otak dari perangkat, bahkan CPU sendiri sudah dipasang di berbagai teknologi lainnya selain smartphone seperti robot sampai mesin pabrik. Karena sangkin pentingnya CPU berarti tiap perangkat pintar tidak boleh meninggalkan hardware ini. Untuk fungsi utama yang diberikan ialah kecepatan mengerjakan perintah dan memberi otak canggih dalam perangkat pintar.

CPU sendiri saat ini sudah banyak yang bermunculan dengan seri chipset terbaru, memang benar karena semakin canggih dan cepat untuk mengerjakan proses. Bila anda memang suka dengan game, editing atau lainnya, yang paling penting adalah mengetahui tentang kecepatan proses pada sebuah perangkat. Hal ini untuk menghindari resiko macet atau lag saat mengerjakan tugas yang berat sehingga cocok sekali untuk gaming dan desain.

2. Apa Itu GPU

Sering kali kita mendengar yang namanya prosesor tapi kita jarang mengenal yang namanya GPU karena GPU dianggap sebagai alat pelengkap saja. Padahal bila dilihat lagi bahwa GPU lah yang memiliki tugas utama menampilkan grafis nyata dalam perangkat pintar. Walaupun benar tanpa GPU perangkat sudah bisa hidup tetapi dengan GPU berbagai tampilan bisa dijalankan dengan puas karena gambar yang ditampilkan bisa full HD. Nah, sudah tahukan fungsi utama dari GPU ini.

GPU sendiri saat ini sudah mengalami perkembangan yang pesat dengan mengeluarkan berbagai kelebihan dan kualitas yang makin sempurna. Hingga saat ini, GPU yang muncul memberikan hasil grafis yang maksimal pada smartphone. Untuk memenuhi penggunannya, memang GPU sudah banyak dipakai di smartphone yang memiliki tingkat kepuasan pengguna. Biasanya yang paling dikenal adalah GPU Adreno yang kerap dipakai di berbagai merk smartphone terkenal. Memang jika anda seorang desainer, harusnya anda mencari perangkat yang memiliki grafis super bagus dengan GPU paling baru.

3. Apa Itu APU

Yang paling jarang diketahui selain dari GPU ialah APU, nama ini terdengar asing bagi yang tidak mengetahui seluk beluk perangkat pintar. APU merupakan alat penghubung CPU dengan GPU yang menjadikan interaksi software tersebut bisa lebih cepat. Fungsi utama dari APU ialah kegunaan akan penghemat daya konsumsi baterai atau sejenisnya. Selain itu APU memiliki fungsi sebagai pendukung CPU dan GPU agar bekerja dengan optimal dan lebih cepat dibanding tanpa APU.

Walaupun kepentingan dari APU tidak banyak diketahui namun alat ini memiliki fungsi yang sangat bagus. Terkadang jika ingin maksimal dalam performa bisa menggunakan APU yang bagus, karena itulah hal ini sangat penting tentang pemilihan APU. Pada dasarnya CPU GPU APU memang tiga alat yang saling berhubungan dan memberikan kegunaan yang vital bagi perangkat pintar.

Simak Juga : Aplikasi Penambah Pixel Kamera Android Terbaru

Itulah sedikit penjelasan dari CPU GPU APU yang telah saya ambil poin utamanya. Jadi anda tidak boleh salah mengartikan lagi tentang software tersebut. Memang jika sebuah perangkat seperti komputer menggunakan pelengkap tersebut maka hasil dari performanya sangat gahar. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda, sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar