Smartphone

4 Fungsi VR (Virtual Reality) Yang Jarang Diketahui

Fungsi VR Yang Jarang Diketahui – VR atau Virtual Reality merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menampilkan proyeksi gambar dari layar suatu smartphone menjadi lebih jelas dan nampak nyata. Karena kita tahunya fungsi VR hanya untuk menonton video atau bermain game. Padahal fungsi dari VR ternyata banyak sekali, bahkan mungkin anda belum mengetahuinya. Ada beberapa fungsi atau kegunaan VR yang ada manfaatnya untuk kehidupan manusia.

Fungsi VR (Virtual Reality)

Sayangnya VR tidak bisa support dengan perangkat ponsel yang belum mendukung fitur VR sehingga perlu mencocokkan smartphone tersebut. Pada umumnya sering kita menjumpai orang membuka youtube ternyata hal tersebut tidak memiliki kegunaan. Kebanyakan malah menggunakannya untuk bermain game tingkat atas yang katanya sulit untuk dimenangkan, ada juga yang menggunakannya sebagai media sosial. Dari pada bingung tentang kegunaan VR lainnya langsung saja kita simak.

1. Sebagai Media Pembelajaran

Dengan majunya teknologi yang semakin canggih, bidang pendidikan juga memerlukan hasil perkembangan tersebut. Contohnya saja, VR saat ini selain untuk game/nonton video juga bisa digunakan untuk media pembelajaran. Apalagi sekarang ini sudah banyak yang memproduksi totorial atau materi pembelajaran yang dapat ditonton. Dengan menggunakan VR ini, akan membuat pelajar atau mahasiswa lebih cepat memahami dan fokus dengan materi yang ditonton. VR akan menampilkan gambar memutar tanpa ada gangguan atau hal yang menganggu konsentrasi pelajar.

Yang unik dari VR ini adalah bisa berinteraksi dengan berbagai pelajaran yang ada dan juga sangat interaktif dan berguna. Ini juga bisa digunakan untuk melatih mental seseorang dengan latihan pidato lewat VR yang dapat memperlihatkan pendengar secara nyata. Memang fungsi VR yang satu inilah banyak digunakan karena bukan hanya bermain saja, kini belajar akan lebih mudah dilakukan.

2. Latihan Medis

Seperti yang kita tahu bahwa yang berhubungan dengan medis apalagi masalah operasi dan lain sebagainya pastilah harus teliti dan resikonya besar. Lalu bagaimana untuk pemula yang baru belajar ? karena itulah alat VR ini digunakan untuk latihan medis. VR disambungkan dengan berbagai alat medis yang dapat digunakan untuk berlatih tanpa ada resiko sipasien. Karena itulah sekarang ini bermunculan berbagai simulasi medis yang dapat digunakan dengan VR.

Penggunaan VR untuk alat bantu medis biasanya juga diperlukan untuk tes bagi para peserta yang ingin memasuki jurusan pendidikan medis. Memang ini lebih bagus dari pada menanggung resiko jika belum ahli. Nah, untuk simulasi ini ternyata masih sedikit yang menggunakan karena belum banyak produksi sensor gerak yang bisa dicoba untuk medis.

3. Latihan Pasukan Perang

Penggunaan VR tidak sampai simulasi medis saja, tapi VR saat ini banyak digunakan untuk latihan yang berkaitan dengan militer. Misalnya latihan menjinakkan bom, menembak sasaran, berlatih strategi dan lainnya. Dari berbagai latihan tersebut bila dilakukan secara nyata mungkin terlalu beresiko, apa lagi yang baru mencoba pertama kali. Walaupun dinilai kurang nyata tapi simulasi tersebut sangat efektif tanpa ada resiko apapun.

Latihan ini bukan hanya dilakukan untuk berperang saja, namun saat ini sudah bisa digunakan untuk keperluan kelulusan bidang militer atau keamanan. Sayangnya untuk simulasi ini kurang maksimal disebabkan karena ruang gerak dan kondisi berlatih tidak nyata seperti berperang pada umumnya.

4. Desain Apa Saja

VR memang sudah layak dalam berbagai hal simulasi, karena itulah sampai membuat desain juga bisa menggunakan VR. Banyak sekali yang sudah membuat simulasi tentang latihan membuat desain seperti bangunan, pakaian, atau peralatan lainnya. Dengan menggunakan VR, kegiatan membuat desain akan terasa mudah dan tidak membuat stress, apalagi fitur 3D yang tampak nyata pastinya memanjakan mata anda.

Simak Juga : 4 Situs Download Windows Lawas Paling Aman Dan Gratis

Walaupun fungsi VR terbilang bermacam seperti yang telah saya sampaikan diatas, ternyata masih ada banyak fungsi VR yang tidak dapat saya jelaskan satu-persatu. Pada intinya VR bukan hanya digunakan untuk bermain game atau menonton video saja, tentunya fungsi lain masih banyak dan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Nah, jika anda punya alat tersebut maka cobalah untuk menggunakannya sebaik mungkin. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda sekalian. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya dengan berbagai informasi yang menarik dan menambah wawasan.

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar