Android Smartphone

5 Fungsi Tombol Home Yang Jarang Diketahui

Fungsi Tombol Home –¬†Jika anda pengguna smartphone pastinya sudah tahu tentang tombol home. Ya, tombol home merupakan tombol utama atau sebagai tombol penengah yang biasanya ada pada merk smartphone saat ini. Tombol home memang umumnya terdapat dibagian tengah bawah smartphone mulai dari pencet sampai ada yang sudah sentuh (layar sentuh). Tombol home sendiri memang memiliki jenis yang bermacam – macam seperti analog hingga yang sudah memakai touch screen ditambah dengan sensor sidik jari.

Fungsi Tombol Home

Sayangnya banyak dari pengguna smartphone yang belum tahu tentang fungsi lengkap pada tombol ini. Karena itulah pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh tombol home. Setelah mencoba mengaplikasikan tentang apa saja yang bisa dilakukan ternyata ada 6 hal, diantaranya sebagai berikut.

1. Membuka Kamera

Bagi anda para pengguna smartpone dengan merk samsung pastinya ada yang belum tahu tentang membuka kamera dengan tombol home. Ternyata kita bisa membukannya dengan klik 2x secara cepat tanpa jeda. Setelah itu maka langsung muncul/kamera terbuka secara otomatis. Hal ini dianggap lebih efisien dan simpel untuk dilakukan, apalagi jika ada momen langka yang perlu diabadikan.

Bisanya untuk perintah buka kamera ini haruslah smartphone yang memiliki sistem operasi yang lumayan tinggi. Ini memang dibutuhkan karena sistem operasi yang masih rendah seperti jellybean belum memiliki fitur untuk mengatur tombol dalam smartphone tersebut. Nah, mungkin anda bisa mencoba cara ini sebagai pengganti touch atau pengganti tombol power untuk mengambil foto.

2. Screenshot Layar

Kita bisa merekam aktifitas layar atau mengambil gambarnya bisa menggunakan fitur yang telah tersedia dismartphone. Ada juga cara lain yakni menggunakan tombol di smartphone, yang pertama menggunakan kombinasi power yang kedua kita bisa menggunakan home+power jika smartphone anda punya tombol home. Mengambil screenshot simpel tesebut lebih efisien dan tidak membuang-buang waktu. Untuk merk smarphone kebanyakan saat ini memang menggunakan tombol home dan power atau juga volume. Namun, smartphone saat ini juga ada yang menggunakan tombol power dan volume down.

3. Membuka Recent APP

Kita bisa mengetahui atau memberhentikan aplikasi yang masih berjalan dilayar dengan membuka recent app. Ada beberapa smartphone yang mendukung fitur buka recent app hanya menggunakan tombol home. Disana anda bisa mengeluarkan aplikasi yang masih terbuka atau menutupnya dari layar. Cara ini terbilang mudah dengan mengatur fungsi tombol untuk diganti pada tombol lainnya.

4. Membuka Google Now

Sekarang ini berbagai persoalan bisa ditanyakan kepada google. Nah, apabila kita ingin cepat-cepat mencari sebuah data anda bisa melakukan open google now dengan cara menekan tombol home lebih lama sampai google now terbuka. Dengan ini anda tak perlu lewat browser, jadi akan lebih hemat kuota dan waktu. Biasanya fungsi tombol home untuk membuka google now berbeda-beda tergantung smartphonenya, ada juga yang harus di klik 3 kali dana ada juga yang perlu di klik lama agar muncul google now.

5. Download Mode

Download mode dengan menggunakan fitur tombol home biasanya terdapat pada merk smatphone. Download mode artinya mengunduh berbagai data / update sistem di android yang dilakukan download mode. Untuk melakukannya, HP harus dalam keadaan mati dan tekan kombinasi Home+power+VOl Up. Cara ini dijadikan sebagai jalan keluar jika ada suatu masalah yang berkaitan dengan sentuh atau jika layar sentuh anda sedang eror.

6. Membuka Recovery Mode

Terakhir untuk fungsi tombol home yang sudah sering kita ketahui adalah untuk reset pabrik. Dalam fitur Recovery Mode kita bisa menemukan berbagai kebutuhan akan software yang diperlukan untuk aktivitas smartphone. Jika ingin masuk ke mode ini anda perlu mematikan smartphone terlebih dahulu dan lakukan menekan kombinasi Home+Vol Up+Power. Disana anda bisa memperoleh banyak pilihan menu yang wajib diotak-atik.

Simak Juga : Harga Huawei Nova 2 Plus Dan Spesifikasi Lengkap

Dari percobaan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa satu tombol saja memiliki banyak fungsi juga banyak yang belum diketahui orang lain. Selamat mencoba berbagai fitur tadi. Hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Untuk update artikel menarik lainnya dapat anda simak disini dengan berbagai informasi teknologi, sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

1 Komentar

  • Great beat ! I wish to apprentice at the same time
    as you amend your website, how can i subscribe for a blog website?
    The account aided me a applicable deal. I were a little
    bit familiar of this your broadcast provided shiny clear concept

Tinggalkan Komentar