Smartphone

Apakah Harus Pasang Antivirus Di Smartphone ?

Pentingkah Pasang Antivirus Di Smartphone –¬†Proteksi dari serangan virus menjadi salah satu bahan pembicaraan yang sering didengar. Hal tersebut mungkin saja mencuat dari munculnya virus kuat tahun 2017 yang semakin tidak terkendali. Banyak orang yang bertanya tentang bahayakah virus tersebut ? lalu bagaimana mengatasinya? Pertanyaan tersebut akan saja jawab beserta pertanyaan pentingkah memasang antivirus pada smartphone.

Pentingkah Antivirus Smartphone

Virus merupakan program perusak yang dikategorikan dapat mengancam suatu sistem dan jaringan. Virus memiliki julukan malware yaitu sebuah program perusak, pengacau, pembunuh, dan pencuri. Dikategorikan seperti itu karena virus bisa menyerang suatu pabrik besar dan mengacaukan produksinya. Bisa juga virus membunuh suatu data atau file dengan menghapusnya secara permanen. Terakhir virus bisa menjadi pencuri data yang handal bahkan bisa juga mengunci data pribadi seperti virus Wannacry baru-baru ini. Jadi jawaban pertanyaan pertama ialah virus memang berbahaya namun bisa juga dianggap biasa saja karena beberapa penyebab lain, nanti akan saya jelaskan.

Setelah mengetahui dampaknya yang cukup merugikan kita bisa mengatasinya dengan tindakan sendiri. Kita juga bisa memanfaatkan software antivirus sebagai pelindung device kita dari serangan berbahaya virus. Antivirus kerap dibicarakan karena kamampuannya menghalang virus utamanya pada komputer yang rentan pencurian data berupa akun atau data pribadi bahkan perusahaan. Akan tetapi virus pada smartphone bisa dibilang perlu dan tidak perlu. Selanjutnya akan saya bahas berikut ini.

1. Alasan Antivirus Perlu Dipasang Pada Smartphone

Karena pendapat dari para pengguna mengenai pentingnya antivirus ada yang berpendapat setuju dan ada yang tidak. Untuk pendapat yang setuju antivirus penting asalannya ialah untuk melindungi data smartphone dari pencurian, khususnya bagi anda yang memiliki data kantor, data akun, data rekening atau apa saja yang penting namun anda taruh pada smartphone maka anda perlu memasang antivirus. Bisa jadi seseorang menyerang Smartphone anda dengan kuat. Intinya hal ini diperlukan untuk smartphone yang didalamnya mengandung sebuah data penting atau berguna, sehingga sangat memerlukan perlindungan.

Pada dasarnya untuk proteksi virus memang bisa sangat perlu jika memang anda menggunakan smartphone untuk selalu online pada situs web lebih baik sambil hidupkan antivirus anda mengingat saat ini sudah banyak situs web yang didalamnya sudah memiliki virus. Bahaya inilah yang dapat mengincar data anda saat sedang online, karena itulah alasan antivirus di smartphone yang pertama mendukung untuk dipasang.

2. Alasan Antivirus Tak Perlu Dipasang Pada Smartphone

Pendapat kedua menolak pendapat pertama karena beberapa alasan yang juga kuat. Alasan tersebut seperti : Tidak perlunya memasang antivirus karena pada smartphone orang-orang saat ini jarang menyimpan data penting. Selain itu pada smartphone juga jarang sekali ada virus berbahaya, yang ada kebanyakan virus yang membebani sistem saja. Sehingga memang benar pendapat ini dan boleh saja anda gunakan alasan kedua sebagai pendukung tidak perlunya memasang antivirus di smartphone.

Biasannya antivirus di smartphone juga diperlukan pada perangkat yang belum memiliki pengamanan dari dalam. Saya ambil contoh yakni smartphone dengan sistem operasi yang lawas seperti jellybean itu sangat butuh antivirus. Untuk sistem operasi kekinian seperti android O atau 8 maka tidak perlu lagi memasang antivirus di smartphone karena sudah memiliki pelindung virus sendiri.

Kesimpulan

Jika memang anda sangat takut mengenai serangan virus kapan saja, lebih baik anda selalu menggunakannya untuk keperluan yang anda jalankan. Misal ketika sedang online, transfer data, terhubung usb dan lainnya.Bila anda punya data penting pada smartphone maka gunakan pendapat pertama. Namun, bila anda tidak punya data apapun yang penting dan juga tidak mau smartphone manjadi berat silahkan saja tidak pasang antivirus. Untuk anda yang masih kebingungan menentukan, lebih baik tidak usah pasang di smartphone anda. Oke, hanya inilah yang dapat saya sampaikan mengenai seberapa penting antivirus di smartphone. Sekian dan sampai jumpa pada postingan menarik lainnya disini.

Simak Juga : Harga Huawei Nova 2 Plus Dan Spesifikasi Lengkap

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar